Jadwal GIIAS 2019 Dipercepat demi Dongkrak Penjualan Mobil

Kompas.com - 15/05/2019, 07:22 WIB
Booth Honda di GIIAS 2017. IstimewaBooth Honda di GIIAS 2017.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran GIIAS 2019 akan berlangsung pada 18-28 Juli 2019. Jadwal ini maju sekitar tiga pekan dibandingkan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya yang biasa digelar Agustus.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, mengatakan, majunya jadwal GIIAS 2019 merupakan langkah untuk menggenjot penjualan mobil di awal semester kedua. Penurunan penjualan terjadi khususnya kuartal I hingga 13 persen, terimbas Pemilu Dewan dan Presiden.

Baca juga: Mitsubishi Triton Terbaru Meluncur di GIIAS 2019?

"Sehingga dengan kita mengadakan pameran yang lebih maju, ini merupakan kesempatan untuk mendongkrak penjualan supaya bisa naik," kata Nangoi di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

GIIAS 2019Foto: KOMPAS.com/Gilang GIIAS 2019

Nangoi mengatakan, pengalaman Gaikindo, dalam setahun penjualan mobil di semester pertama menyerap sekitar 40-43 persen penjualan, sedangkan sisanya yakni 50-60 persen terserap di semester kedua.

"Dengan kita genjot penjualan di pertengahan bulan Juli ini bisa menolong. Perlu dicatat sampai saat ini Gaikindo belum merubah forecast (ramalan) kita yaitu penjualan 1,1 juta kendaraan selama 2019," kata Nangoi.

Baca juga: Honda Monkey Akan Meluncur di GIIAS 2019

Peserta GIIAS 2019

Sampai dengan Mei 2019, tercatat ada 25 merek mobil dan 11 merek motor yang ikut serta. Merek mobil yang sudah terdaftar yakni Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan kendaraan komersial FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, serta Ud Trucks.

Sedangkan 11 merek motor yang sudah terdaftar ikut pameran seperti, Benelli, Harley-Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X