Cara Mudah Lihat Keausan Ban

Kompas.com - 07/05/2019, 15:22 WIB
Progresif TWI pada ban FDR KOMPAS.comProgresif TWI pada ban FDR
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat keausan ban dapat dilihat dari Tread Wear Indicators (TWI). Permukaan ban yang sudah sejajar dengan TWI harus diganti. TWI biasanya berbentuk tanda segitiga yang terdapat di bagian samping ban.

Namun rupanya TWI saja tidak cukup sebagai tanda tingkat keausan ban karena sering disepelekan pengendara. Karena itu, FDR, produsen ban sepeda motor lokal mengembangkan cara lain yang mereka sebut progresif TWI.

Baca juga: Pilih Ban Motor Custom Sesuai Aliran

Progsesif TWI milik FDR berbentuk beberapa bulatan yang terdapat di permukaan ban. Posisi bulatan ini sejajar dengan ban dan memiliki tingkat kedalaman yang berbeda satu sama lain, dari yang dangkal sampai cukup dalam.

Tiap bulatan memiliki tingkat kedalaman yang berbedaKOMPAS.com/Gilang Tiap bulatan memiliki tingkat kedalaman yang berbeda

"Di progresif TWI ada tiga bulatan, tiap bulatan berbeda dan memiliki tingkat kedalaman dari 25 persen sampai 75 persen," kata Elsafan Rendianto, Department Head Marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries, produsen ban FDR, kepada Kompas.com, pekan lalu.

Baca juga: Mitos Benar-Salah tentang Nitrogen untuk Ban Motor

Elsafan menerangkan melihat progesif TWI cukup mudah. Jika bulatan pertama yakni kedalaman 25 persen sudah hilang artinya kondisi ban tinggal 75 persen dan begitu seterusnya. Jika bulatan 75 persen sudah hilang, kondisi ban sebetulnya tinggal 25 persen.

"Progsesif TWI ini supaya pengendara lebih mudah membaca kondisi ban mereka. Kalau TWI sering orang mengabaikan karena dikira jarak antara ujung segitiga dengan ban masih jauh padahal kondisi ban mereka sudah aus. Tapi TWI standarnya tetap ada," kata dia.

Pada ajang Telkomsel IIMS 2019 lalu, FDR memperkenalkan ban buat balap dan harian, yakni Blaze RS dan Blaze RX. Ban ini menggunakan kompon intermediate, dan tersedia dalam ukuran 120/65 R17 55 H dam 140/60 R17 63 H.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X