Fitur Otonomos Taksi Tesla Tidak Difungsikan

Kompas.com - 23/04/2019, 13:40 WIB
Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75DKompas.com/Setyo Adi Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75D

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu mobil yang dipilih perusahaan taksi Bluebird adalah Tesla Model X 75 D. Mobil listrik ini diklaim mampu menempuh jarak 350 kilometer dalam sekali pengisian baterai secara penuh.

Salah satu fitur yang dikenal di mobil Tesla adalah fitur otonomos. Fitur ini memungkinkan mobil untuk bekerja sendiri tanpa bantuan pengemudi. 

Lantas apakah fitur ini dapat digunakan di mobil taksi Bluebird?

“Tentu tidak bisa. Fitur otonom akan dimatikan dan tidak akan digunakan. Ini tentu demi keamanan,” ucap Direktur PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono saat ditemui Senin (22/4/2019).

Puluhan Mobil Otonom Berjatuhan di Furious 8 (Video)

Fitur yang disebut Tesla AutoPilot ini menggunakan delapan kamera di sekitar badan mobil untuk memantau 360 derajat kondisi area mobil. Sebanyak 12 sensor ultrasonik melengkapi pandangan kamera ini untuk mendeteksi objek di sekitar mobil. Selain itu ada radar yang mengarah ke bagian depan guna memproses tambahan data seperti cuaca dan mobil yang berada di depan.

Data-data ini diproses komputer di dalam Tesla yang membuat mobil ini dapat mengoperasikan dirinya sendiri. Tesla mengungkapkan kemampuan otonom produknya dapat membaca semua yang dibutuhkan untuk berjalan dengan aman meski tetap membutuhkan pengawasan pengemudi untuk dapat bekerja dengan baik.

Adri mengungkapkan fitur yang dinilai baik untuk armada taksi antara lain pengisian daya yang cukup cepat yakni hanya membutuhkan 2,5 jam serta jarak tempuh baterai yang cukup jauh. Tesla Model X sendiri akan disediakan Bluebird untuk layanan taksi premium Silver Bird.



Terkini Lainnya


Close Ads X