BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika

Bisa Naik Mikrobus Otonomos di Gelora Bung Karno

Kompas.com - 16/08/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com –  Turut ramaikan pesta olahraga Asian Games di Indonesia, operator seluler Telkomsel hadirkan booth 5G Experience Center selama 18 Agustus hingga 2 September 2018, di Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, yang dibuka buat publik.

Tak hanya menikmati aplikasi penggunaan teknologi 5G seperti Live Streaming, Cycling Everywhere, Football 2022, Beat the Robot, dan Future Driving, pihak Telkomsel juga punya Mobil Listrik Otonom (Autonomous Electric Vehicle).

Tak hanya sebagai pajangan, mobil canggih tersebut juga bisa dijajal langsung oleh para pengunjung. Namun memang ada syarat yang harus diikuti, dan relatif tak sulit.

“Khusus untuk mobil listrik otonom, masyarakat bisa menikmati, dengan terlebih dahulu mendaftar pada aplikasi Telkomsel Asian Games (tsel.me/TAG), MyTelkomsel, Roli dan Langit Musik,” ujar Indra Mardiatna, Vice President Technology and System kepada KOMPAS.com, Rabu (15/8/2018) malam.

Baca juga: Ada Mobil Otonomos Ramaikan Asian Games 2018 di GBK

Kendaraan otonomos Navya di booth Telkomsel ramaikan Asian Games 2018.KOMPAS.com / RESKA K NISTANTO Kendaraan otonomos Navya di booth Telkomsel ramaikan Asian Games 2018.

Bermerek Navya

Minibus Listrik Otonom (Autonomous Electric Vehicle) bermerek Navya itu, dilengkapi teknologi yang dibangun ST Engineering dan Telkomsel, berpenggerak listrik dengan daya Battery Pack kapasitas 33 kWh yang mampu bertahan selama 9 jam.

Pengecasan dilakukan selama 7-8 jam, di mana kapasitas penumpang saat ini hingga 12 orang, dengan formasi 8 duduk dan 4 berdiri.

Selain berdaya listrik yang eco friendly, mobil bisa berjalan otonom, atau tanpa pengemudi yang dilengkapi 5G live streaming.

Lebih jauh lagi, kemampuan mobil otonom tersebut berteknologi Artificial Intelligent (AI) dan 5G, yang memiliki High throughput hingga 20 Gbps serta Low latency (1 millisecond).

“Mobil listrik Otonom ini merupakan salah satu konsep sistem transportasi cerdas yang akan menciptakan lalu lintas yang jauh lebih teratur, membuat perjalanan lebih nyaman dan lebih aman di masa depan,” ujar Indra.

Kendaraan otonomos Navya di booth Telkomsel ramaikan Asian Games 2018.KOMPAS.com / RESKA K NISTANTO Kendaraan otonomos Navya di booth Telkomsel ramaikan Asian Games 2018.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com