Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW G310 Tampil Beda dengan Tema Scrambler

Kompas.com - 09/04/2019, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW G310 GS bisa dibilang merupakan sepeda motor BMW Motorrad dengan kubikasi mesin paling kecil dan harga paling terjangkau. Namun tetap saja, karena ada emblem BMW, maka banderolnya pun bila dibandingkan dengan motor keluaran Jepang lainnya tetap tidak lazim.

Meski lahir sebagai motor petualang dari seri GS, namun tampilan dan spesifikasinya memang terlihat sangat kecil bila dibanginkan dengan kakaknya. Meski demikian, bukan berarti G310 GS ini tidak bisa bertransformasi menjadi lebih radikal.

Contohnya seperti hasil karya VTR Customs asal Switzerland yang sukses mengubah tampilan standar BMW G310 GS menjadi lebih menarik dengan gaya Scrambler. Tampilan standar dari motor petualang yang terkesan tanggung itu pun berbah drastis.

Baca juga: Saat Harley Sportster Lawan Arus Jadi Scrambler

VTR Customs memang cukup rajin mengarap produk-produk keluaran BMW Motorrad, tidak heran bila G310 GS bisa dikustom sedemikian rupa, lari dari bentuk standar. Dani Widman selaku punggawa VTR, mengatakan, meracik motor ini dangan tujuan untuk lebih mempopulerkan motor terkecil BMW ini di negaranya.

BMW G310GS VTR Custom BMW G310GS VTR Custom
"BMW G310 merupakan motor yang sangat gesit dan menyenangkan untuk dikendarai yang bisa digunakan sebagai kendaran harian. Konsep ubahan yang dilakukan mengambil tema "Little Boy's Toy" yang dikombinasikan dengan konsep Scrambler klasik serta permainan warna cerah bernuansa urban yang menyenangkan," kata Dani yang disitat dari Bikeexif.com, Sabtu (6/4/2019).

Rombakan yang dilakukan terbilang cukup total, mulai dari sektor depan hingga belakang semuanya habis dipereteli, hanya menyisahkan tangki serta shroud yang juga telah di-kustom ulang menjadi lebih kecil. Agar lebih kokoh, kedok lampu depan dilepas dan diganti dengan single headlamp klasik berbentuk bulat yang di padukan dengan papan nomer, serta model sepatbor kecil.

BMW G310GS VTR Custom BMW G310GS VTR Custom
Bagian tengah diisi oleh jok single seater yang terbungkus kulit berwarna cokelat tua dengan kode X yang menjadi ciri khas VTR. Semantara bagian samping dan belakang, disematkan rak miliki BMW R nineT yang kemudian dikombinasikan dengan sepasang lampu rem LED Kellermann.

Baca juga: Harga Empat Scrambler Ducati Terbaru di Indonesia

Sektor kaki-kaki sengaja dipertahankan menggunakan standar pabrikan dengan pelek palang karena dianggap sudah cukup mewakili tampilan penggaruk tanah. Sementara ban standar digantikan dengan Continental TKC80.

Agar terlihat lebih agresif, maka knalpot standar pun terpaksa dilengserkan yang kemudian diganti knalpot keluaran Akrapovic. Terakhir, tinggal membereskan masalah proposisi warnanya.

BMW G310GS VTR Custom BMW G310GS VTR Custom
Bagian tangki diberi kelir biru telur asin yang nampak selaras dengan permainan lis merah dan sentuhan kelir putih. Sedangkan untuk rangka tengah semuanya didominasi warna hitam, sementara subframe-nya dan blok mesin diberik kelir perunggu mengikut gaya BMW S 1000 RR terbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com