Saat Harley Sportster Lawan Arus Jadi Scrambler

Kompas.com - 01/04/2019, 07:42 WIB
Harley Sportster Scrambler Harley Sportster Scrambler
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal kustom sepeda motor memang cakupannya cukup luas. Menggunakan basis motor apapun, bisa diubah menjadi sebuah karya sesuai dengan gaya yang diinginkan pemiliknya.

Contohnya seperti Harley-Davidson Sportster 883 garapan Rock Solid Motorcycles asal Leiria, Portugal. Berangkat dari keinginan untuk menciptakan tampilan beda dari biasa, sang builder akhirnya memilih tema motor penggaruk tanah, Scrambler.

Hasilnya, boleh dilihat sendiri. Proyek kustom yang dilakukan oleh dua bersaudara ini memang out of the box, karena biasanya Sportster lebih banyak di kustom ala Cooper atau Boober, tidak heran bila hasil karyanya mampu menyedot banyak perhatian.

Baca juga: Motor Kustom Tosan Adji, Sabet Nominasi Ketiga di Verona

Melansir dari Bikebound.com, alasan Rock Solid Motorcycles mengarap Sportster menjadi Scrambler dengan tujuan untuk menarik perhatian dan menonjolkan sisi lain dari Sportster. Inspirasinya pun datang dari sebuah Harley lawan bergaya Tracker pertama yang pernah dilihat ketika berada di London Custom Bike Show pada 2009 silam.

Proses pengerjaan dilakukan dari awal. Semua komponen standar pada Sportster ditelanjangi habis dan hanya menyisahkan sasis serta mesin saja. Setelah itu, kedua builder ini mulai merangkai ulang dengan beragam komponen kustom.

Harley Sportster Scrambler Harley Sportster Scrambler
Sistem suspensi ditingkatkan menggunakan model internal progresif lengkap satu set dengan bagian garpu. Sementara peredam kejut pada bagian belakang menggunakan keluaran Burly lengkap dengan tracker bars khas motor penggaruk tanah.

Pelek aslipun dilepas dan digantikan dengan pelek jari-jari dengan ring 19 inci dan 17 inci. Bannya dipilih dengan dimensi besar dengan model mud train (MT) yang seakan menggambarkan siap untuk diajak berpetualang.

Baca juga: Begini Jadinya Jika Kawasaki Z250 Diubah Jadi Scrambler

Rangka bagian belakang dibuat khusus menggunakan kustom fender dengan dudukan yang yang dirancang lebih panjang. Sementara knalpot dibuat secara hand made dengan model menjuntai pada bagian tengan.

Harley Sportster Scrambler Harley Sportster Scrambler
Posisi berkendara juga otomatis berubah dengan hadirnya tangki baru ala peanut tank, serta jok single seater. Untuk pengendalian menggunakan handelbar yang dibuat sedikit lebar namun dengan posisi yang dibuat lebih pendek.

Meski memiliki tampilan retro, namun beberapa perangkatnya dikombinasikan dengan komponen modern, seperti sepedometer elektrik, lampu belakang LED, dan pelat nomor samping yang juga diberikan lampu. Walau penampilan berubah total, namun untuk mesin berkubikasi 833 cc dan gearbox diklaim tak ada yang berubah, semuanya tetap dipertahankan seperti aslinya.



Sumber Bikebound
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X