Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran MotoE Akibat Hubungan Arus Pendek

Kompas.com - 17/03/2019, 14:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash


JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak penyelenggara MotoE akhir menemukan apa penyebab kebakaran hebat pada Rabu lalu. Musibah yang terjadi jelang uji coba pramusim di Jerez, Spanyol tersebut terjadi akibat korsleting listrik.

Kebakaran tersebut melahap habis semua peralatan dan sepeda motor yang akan digunakan untuk balapan dan uji coba. Hubungan arus pendek tersebut kemudian menyambar baterai-baterai motor listrik yang berada dalam gudang tersebut.

Dalam investigasi yang dilakukan kepolisian Spanyol, belum ditemukan apa yang menyebabkan korsleting listrik tersebut. Pasalnya semua motor balap tidak sedang terhubung ke stasiun pengisian daya saat kebakaran.

MotoE Jalan Terus

Meski semua peralatan terbakar habis, penyelenggaraan MotoE diharapkan dapat terus berjalan tahun ini. Penyelenggara memutuskan untuk memundurkan jadwal balapan perdana yang seharusnya Mei mendatang ke waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: Terkena Musibah Kebakaran, Kompetisi MotoE Diundur

"Ini jelas langkah mundur yang harus diterima karena kami hanya melakukan satu hari dari tiga hari uji coba. Tes selanjutnya di Jerez tidak akan terjadi dan ini menyebabkan balapan di Jerez harus dibatalkan," ucap Herve Poncharal, selaku pemilik tim MotoE dan anggota komisi IRTA (bagian dari asosiasi pebalap, sponsor dan penyelenggara MotoGP) dikutip dari Crash.net, Minggu (17/3/2019).

Poncharal mengungkapkan, dirinya maupun pihak sponsor bersedia untuk terus menyelenggarakan MotoE tahun ini. Ini termasuk dengan jumlah balapan yang tetap akan berjalan yakni lima kali seri.

Saat ini seluruh pihak tengah menunggu kesediaan Energica selaku produsen motor balap untuk memenuhi suplai. Energica sendiri mengungkapkan dapat memenuhi permintaan tersebut karena memiliki sumber daya manusia yang mencukupi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com