Meski Ramai, DFSK Masih Menolak Jualan MPV

Kompas.com - 13/03/2019, 07:02 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski pasar sport utility vehicle (SUV) sedang tumbuh, namun secara volume di Indonesia, segmen multi purpose vehicle (MPV) tetap yang terbanyak hingga saat ini. Tidak heran bila sejak awal tahun, beberapa agen tunggal pemegang merek (ATPM) sudah berlomba melucurkan penyegaran MPV.

Namun maraknya pertumbuhan MPV ternyata tak membuat DFSK ikut menghadirkan jenis mobil keluarga tersebut. Pabrikan asal China ini justru tetap fokus untuk menjajakan SUV di Tanah Air.

Menurut Managing Director of Sales Center PT Sokonindo Automobil Franz Wang, salah satu alasan DFSK konsisten menghadirkan produk SUV karena di Indonesia mulai terjadi pergeseran pasar.

Baca juga: Punya Produk Baru, DFSK Pasang Target 12 Ribu Unit di 2019

"Dari studi kami memang MPV yang tebesar di Indonesia, kami juga sudah melihatnya sendiri. Tapi kami juga melihat bila telah terjadi perubahan dari pola konsumsi masyarakat dari jenis mobil, karena itu kita tetap fokus di SUV," ucap Franz kepada media beberapa waktu lalu.

Dari segi produk, DFSK sebenarnya bukan tidak punya model MPV untuk dipasarkan. Seperti diketahui, di negara asalnya, DFSK memiliki Glory 360 dan 330 yang bermain di segmen MPV tujuh penumpang.

DFSK Glory 580 Ikut Ekspedisi Tol Trans Jawa
dok.DFSK DFSK Glory 580 Ikut Ekspedisi Tol Trans Jawa
Namun demikian, Franz melihat bila pada dasarnya konsumen di Indonesia lebih tertarik untuk memiliki SUV. Sehingga meski saat ini segmen Low MPV cukup besar, namun hal tersebut hanya dijadikan sebuah awalan, ketika bosan dan ingin mengganti mobil sasaranya langsung ke SUV.

"Dari riset kami, saat mereka mau naik kelas larinya langsung ke SUV. Jadi bila sekarang LMPV pasarnya besar, namun kami juga melihat terjadi pergeseran, karena itu kami tetap percaya diri dengan SUV, dan DNA DFSK sendiri adalah SUV expert," ucap Franz.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.