Skutik Listrik Lincah Sudah 60 Persen Lokal

Kompas.com - 04/02/2019, 14:02 WIB
Skuter listrik Lincah garapan anak bangsa siap menjadi teman main Gesits Skuter listrik Lincah garapan anak bangsa siap menjadi teman main Gesits
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk skutik listrik Lincah Group, saat ini sudah memiliki kandungan lokal hingga 60 persen. Hampir semua komponen penting dari skutik pesaing Gesits ini menggunakan perangkat dari dalam negeri.

Business Development Lincah Group Kristian Sutikno, menjelaskan semua komponen yang digunakan Lincah dirakit sendiri di Kawasan Pusat Industri Kecil (PIK), Cakung, Jakarta Timur.

"Semua komponen ini kami ambil dan rakit sendiri. Total lokalisasi berdasarkan persentase sudah 60 persen. Untuk kontroler dan motor BLDC itu kita pakai komponen dari industri yang ada di Karawang, dan itu produk lokal karena mereka juga suplayer," ucap Kris kepada Kompas.com, Minggu (3/2/2019).

Baca juga: Gesits dan Lincah, Satu Negeri Beda Teknologi

Secara keseluruhan, Kris menjelaskan bila pengerjaan elektronik juga sudah dilakukan sendiri di Indonesia, termasuk pengkabelan. Beberapa komponen lain yang menggunakan produk lokal, diantaranya adalah baterai packer, desain, dan ban.

Suter listrik buatan lokal bernama Lincah Suter listrik buatan lokal bernama Lincah

Untuk beberapa komponen lain diakui Kris memang masih didatangkan dari negara lain, seperti bodi sistem pengeraman, dan kaki-kaki. Sementara untuk sasis, menurut Kris dibentuk dan dirancang sendiri di Indonesia. Sasis ini juga tidak akan banyak berubah saat nanti sudah memasuki tahap produksi.

"Untuk sasis itu sudah seperti ini, jadi nanti yang paling banyak berubah adalah bodinya. Kita sedang mencari rancangan yang pas sambil menunggu surat-surat perizinan produksi dan uji tipe keluar. Rencanya akhir April sudah keluar, mudah-mudahan tidak ada halangan," ucap Kris.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X