Nasib Avanza-Xenia di Pasar Mobil Bekas

Kompas.com - 14/01/2019, 07:22 WIB
Pasar mobil bekas di bulan Rmadhan Stanly/OtomaniaPasar mobil bekas di bulan Rmadhan
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com — Munculnya versi penyegaran dai Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ternyata tak berdampak pada bisnis di pasar mobil bekas. Kondisi tersebut lantaran kedua nama MPV sejuta umat itu bukan lagi menjadi idola utama konsumen di Indonesia.

Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menjelaskan, Avanza dan Xenia kini lebih dikenal sebagai taksi online dibanding sebagai mobil pribadi, terutama untuk di Jakarta.

"Seperti yang saya bilang dulu, Avanza dan Xenia banyak dicari untuk taksi online saat waktu itu mulai ramai. Penjualan bekasnya juga cukup baik, bahkan sampai ada yang berani pesan karena pedagang dulu lumayan susah carinya, setelah banyak dipakai (taksi online) dampaknya orang lihat Avanza image-nya sudah taksi online itu," ucap Herjanto kepada Kompas.com beberapa hari lalu.

Baca juga: Komentar Pedagang Mobil Bekas Soal Avanza-Xenia Baru

Menurut Herjanto, secara tren pasar di segmen mobil bekas Avanza-Xenia kini sudah menurun drastis dibandingkan tiga sampai lima tahun lalu. Apalagi, ditambah dengan para pesaingnya yang hadir menawarkan desain dan konsep baru dari MPV bawah.

Kebanyakan saat ini pasar Avanza-Xenia bekas lebih didominasi konsumen mobkas di luar Jakarta, bahkan ada pula beberapa yang dari luar Pulau Jawa. Sementara untuk konsumen di Ibu Kota sendiri sudah hampir tak lagi melirik Avanza dan Xenia.

Mobil Bekas SuzukiStanly/KompasOtomotif Mobil Bekas Suzuki

"Biasanya dulu saat mau ada model baru, pemilik Avanza dan Xenia banyak yang langsung jual supaya bisa ambil yang versi baru. Sekarang sudah beda, apalagi pilihan di kelasnya makin banyak, dan masyarakat kota juga mulai pintar pilih-pilih produk," kata Herjanto.

Baca juga: Prediksi Tren Mobil Bekas di Tahun Politik

Turunnya pamor Avanza-Xenia juga ikut dirasakan Teddy, pemilik showroom mobkas di MGK Kemayoran. Teddy menjelaskan, selain karena image taksi online, susutnya penjualan Avanza bekas juga karena kejenuhan pasar pada desain yang tak banyak berubah.

"Kalau diperhatikan dari beberapa kali versi baru tidak banyak yang berubah, hanya tampang, headlamp, dan bagian belakang, tapi bentuk utamanya tetap seperti itu-itu juga. Sementara pesaingnya menawarkan yang lebih fresh terutama dari desain dan fitur ya," kata Teddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.