Kompas.com - 13/01/2019, 11:02 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun 2019, para pebisnis mobil bekas (mobkas) mulai memprediksi bila pasar akan mengalami stagnan. Pasalnya, tahun ini erat dengan suasan politik jelang pemilihan umum (Pemilu) Presiden dan wakilnya.

Namun menurut Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, bukan berarti tidak ada pergerakan. Herjanto menjelaskan meski daya beli cenderung turun, biasanya ada beberapa segmen mobkas yang tetap akan dicari, yakni mobil-mobil berdimensi kecil serta mobil lawas yang usianya sudah lima tahun lebih.

"Kalau melihat dari pengalaman sebelumnya, konsumen akan beralih ke mobil kecil seperti hatchback dan city car. Opsi lain bisa mencari mobil-mobil yang sudah beumur, seperti mobil keluaran 2010 sampai 2012 karena faktor harga yang sudah turun," ujar Herjanto saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/1/2019).

Baca juga: Komentar Pedagang Mobil Bekas Soal Avanza-Xenia Baru

Untuk tren mobil city car, Herjanto menilai Brio lansiran 2013 sampai 2015 akan menjadi incaran karena harganya yang sudah kompetitif. Sementara untuk kategori hatchback, mulai dari Jazz sampai Yaris juga akan menjadi pilihan menarik.

Dari segi harga, Brio lansiran 2013 dengan transmisi matik pasaranya sudah berkisar Rp 95 juta sampai Rp 100 juta sesuai kondisi. Sementara Jazz keluaran 2010 sampai 2011 juga tidak jauh berbeda.

Pasar mobkas di kawasan Cempaka PutihStanly/Otomania Pasar mobkas di kawasan Cempaka Putih
"Jazz 2010 itu sekitar Rp 100 jutaan yang matik, kalau Yaris antara Rp 93 sampai RP 100 juta tergantung dari kondisinya bagaimana. Kalau untuk SUV, konsumen bisa pilih ke Fortuner 2010 yang harganya sudah di bawah Rp 200 juta," ucap Herjanto.

Baca juga: Tahun Politik, Pasar Mobil Bekas Cenderung Stagnan

Kondisi ini juga diutarakan oleh Teddy, pemilik showroom mobkas di MGK Kemayoran. Menurut Teddy, selain Brio, konsumen juga bisa mencari mobil city car dengan harga yang kini sudah di bawah Rp 100 juta. Contohnya seperti Daihatsu Sirion dan beberapa mobil asal Korea.

Mobil bekas rental Blue BirdStanly/Otomania Mobil bekas rental Blue Bird

"Sirion seken dari akhir tahun lumayan banyak yang cari, untuk tahun 2010 itu bervariasi harganya tergantung kondisi tapi yang pasti di bawah Rp 100 juta, sama dengan Picanto, Atoz, dan lainnya. Kalau mau yang MPV besar, bisa pilih ke Innova 2010-2011, harganya itu sekarang Rp 150 sampai Rp 170 jutaan," ucap Teddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.