Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nasib Avanza-Xenia di Pasar Mobil Bekas

JAKARTA, KOMPAS.com — Munculnya versi penyegaran dai Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ternyata tak berdampak pada bisnis di pasar mobil bekas. Kondisi tersebut lantaran kedua nama MPV sejuta umat itu bukan lagi menjadi idola utama konsumen di Indonesia.

Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menjelaskan, Avanza dan Xenia kini lebih dikenal sebagai taksi online dibanding sebagai mobil pribadi, terutama untuk di Jakarta.

"Seperti yang saya bilang dulu, Avanza dan Xenia banyak dicari untuk taksi online saat waktu itu mulai ramai. Penjualan bekasnya juga cukup baik, bahkan sampai ada yang berani pesan karena pedagang dulu lumayan susah carinya, setelah banyak dipakai (taksi online) dampaknya orang lihat Avanza image-nya sudah taksi online itu," ucap Herjanto kepada Kompas.com beberapa hari lalu.

Menurut Herjanto, secara tren pasar di segmen mobil bekas Avanza-Xenia kini sudah menurun drastis dibandingkan tiga sampai lima tahun lalu. Apalagi, ditambah dengan para pesaingnya yang hadir menawarkan desain dan konsep baru dari MPV bawah.

Kebanyakan saat ini pasar Avanza-Xenia bekas lebih didominasi konsumen mobkas di luar Jakarta, bahkan ada pula beberapa yang dari luar Pulau Jawa. Sementara untuk konsumen di Ibu Kota sendiri sudah hampir tak lagi melirik Avanza dan Xenia.

"Biasanya dulu saat mau ada model baru, pemilik Avanza dan Xenia banyak yang langsung jual supaya bisa ambil yang versi baru. Sekarang sudah beda, apalagi pilihan di kelasnya makin banyak, dan masyarakat kota juga mulai pintar pilih-pilih produk," kata Herjanto.

Turunnya pamor Avanza-Xenia juga ikut dirasakan Teddy, pemilik showroom mobkas di MGK Kemayoran. Teddy menjelaskan, selain karena image taksi online, susutnya penjualan Avanza bekas juga karena kejenuhan pasar pada desain yang tak banyak berubah.

"Kalau diperhatikan dari beberapa kali versi baru tidak banyak yang berubah, hanya tampang, headlamp, dan bagian belakang, tapi bentuk utamanya tetap seperti itu-itu juga. Sementara pesaingnya menawarkan yang lebih fresh terutama dari desain dan fitur ya," kata Teddy.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/01/14/072200315/nasib-avanza-xenia-di-pasar-mobil-bekas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke