Lewati Jalur Tol Baru, Jangan Lupa Manajemen Waktu

Kompas.com - 22/12/2018, 07:22 WIB
Menjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi Xpander MMKSIMenjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi Xpander

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan panjang Natal dan akhir tahun sudah tiba. Hadirnya jalur baru tol untuk dilalui para pelancong di pulau Jawa membuat persiapan masa libur kali ini berbeda.

Diungkap praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, perjalanan liburan kali ini yang penting diperhatikan adalah manajemen waktu.

“Jaga kondisi fisik pengemudi dan tidak memaksa kan diri dalam melakukan perjalanan jauh. Tetap perhatikan waktu istirahat sesuai dengan kemampuan pengemudi dan penumpang apalagi yang membawa anak-anak,” ucap Sony saat dihubungi Jumat, (21/12/2018).

Jalur tol yang semakin panjang dikhawatirkan membuat pengemudi terlena untuk terus mengemudi tanpa memperhatikan kondisi fisik diri sendiri. Ini tentu mengkhawatikan selama perjalanan.

Baca juga: Menengok Fasilitas Rest Area Sepanjang Ruas Tol Trans Jawa

Lakukan pemberhentian setiap empat sampai lima jam sekali untuk mengistirahatkan badan. Lakukan peregangan dan beristirahat sampai 30 menit.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila membawa penumpang, perhatikan jam biologis masing-masing. Terutama anak-anak yang kerap ingin buang air kecil.

Tidak lupa, sediakan tenaga tambahan pengemudi agar tidak selalu bertugas mengemudi sendirian. Meski diungkapkan perjalanan dari Jakarta sampai Surabaya bisa dilakukan dalam waktu 8 jam namun itu dilakukan dalam kecepatan 100 kilometer per jam, jangan memaksakan diri karena akan berbahaya.

“Petakan atau atur di mana letak rest area, SPBU, pos bengkel serta tempat makan yang diinginkan untuk beristirahat menyegarkan kemampuan fisik dan kendaraan pada perjalanan berikutnya,” ucap Sony.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X