Menengok Fasilitas Rest Area Sepanjang Ruas Tol Trans Jawa - Kompas.com

Menengok Fasilitas Rest Area Sepanjang Ruas Tol Trans Jawa

Kompas.com - 21/12/2018, 12:02 WIB
Pengisian bahan bakar di rest area tol baru Batang SemarangKompas.com/Setyo Adi Pengisian bahan bakar di rest area tol baru Batang Semarang

SEMARANG, KOMPAS.com - Tujuh ruas tol Trans Jawa baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Kamis (20/12/2018). Bersama Mitsubishi, Kompas.com mencoba beberapa ruas jalan tersebut dari Surabaya menuju Semarang.

Ruas tol pertama adalah jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri segmen Wilangan-Kertosono sepanjang 38 kilometer. Dilanjutkan menuju ruas tol Pemalang-Batang-Semarang dan Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura yang kurang lebih memilki panjang 341 kilometer.

Perjalanan dari arah Surabaya menuju Semarang dilanjutkan ke jembatan Kali Kuto, Kendal, Jawa Tengah dimanfaatkan untuk melihat kesiapan tempat peristirahat, atau rest area sepanjang jalan tersebut. Untuk penamaan dengan kode A adalah rute dari arah Jakarta (ke arah Timur) dan B dari arah Surabaya (ke arah Barat).

Pertama di tol Surabaya-Mojokerto terdapat rest area di Km 725 A dan 726 B. Masuk segmen Ngawi-Kertosono terdapat rest area di KM 597 A, KM 597 B, KM 626 A, KM 626 B, 578 A dan 695 B dengan fasilitas standar seperti toilet dan restoran.

Baca juga: Merasakan Tol Baru Naik Mitsubishi Xpander

Menjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi XpanderMMKSI Menjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi Xpander

Tol Solo-Ngawi terdapat rest area di Km 519 A, 519 B, 538 A, 538 B, 575 A dan 575 B. Terdapat layanan pengisian bahan bakar di tempat peristirahatan tersebut serta toilet dan makanan.

Berlanjut ke Segmen Semarang-Solo terdapat rest area di KM 429 A, 487 A B dan KM 5 dari arah Semarang. Menuju ruas tol Batang-Semarang, terdapat rest area di KM 391 A da 389 B.

Dari pantauan Kompas.com, kebanyakan rest area di ruas tol baru masih belum sepenuhnya siap 100 persen. Beruntung layanan Pertamina mobile akan disiagakan pada waktu libur Natal dan tahun baru.

Disarankan bagi para pengemudi untuk mempersiapkan kendaraan semaksimal mungkin terutama dalam hal bahan bakar dan kondisi ban. Jangan lupa untuk beristirahat bila merasa lelah di rest area yang ditemui.



Close Ads X