Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Beroperasi, 7 Ruas Tol Trans Jawa Masih Gratis

Kompas.com - 21/12/2018, 07:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tujuh ruas tol Trans Jawa sudah mulai beroperasi usai diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (20/12/2018). Peresmian tersebut juga sekaligus menandakan bahwa akses dari Jakarta-Surabaya sudah tersambung.

Selain sudah bisa dilintasi untuk arus libur maupun mudik menyambut Natal dan tahun baru, Jasa Marga juga belum membebankan tarif pada ketujuh ruas tol tersebut. Artinya masyarakat bisa melintasinya dengan cuma-cuma hingga Januari 2019 mendatang.

Adapun ketujuh ruas tol yang dimaksud terbagi dalam dua wilayah. Tiga berada di Jawa Tengah, yakni Pemalang-Batang sepanjang 34 Km, Batang-Semarang 75 Km, dan Semarang-Solo Segmen Salatiga-Kartasura dengan total jarak 33 Km.

Baca juga: Hari Ini, Jalan Tol Jakarta-Surabaya Akhirnya Tersambung

Untuk di Jawa Timur terdiri dari Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Wilangan-Kertosono, Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati, Surabaya-Gempol seksi Relokasi Porong-Gempol, dan tol Jombang-Mojokerto seksi Bandar-Kertosono.

Honda CR-V Turbo Melintas Tol Trans Jawadok.HPM Honda CR-V Turbo Melintas Tol Trans Jawa
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengatakan dari total 1.150 kilometer (Km) Tol Trans Jawa, sepanjang 933 Km telah tersambung mulai dari Merak hingga Granti, Pasuruan, Jawa Timur.

"Penyelesaian pembangunan ini melengkapi ruas-ruas jalan tol yang telah dioperasikan pada masa sebelumnya, yakni pada kurun waktu 1978 hingga 2004 sepanjang 242 Km, serta pada 2005 hingga 2014 sepanjang 75 km," ucap Basuki dalam siaran resmi PT Jasa Marga (Persero), Kamis (20/12/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com