Suzuki Keluarkan Dana Besar untuk "Recall" Carry

Kompas.com - 19/12/2018, 10:47 WIB
Suzuki Carry pick up di Kabar Wirausaha Suzuki, Surabaya.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Suzuki Carry pick up di Kabar Wirausaha Suzuki, Surabaya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki mengumumkan telah melakukan program recall alias perbaikan kembali untuk produk Carry Pick Up dan Real Van. Secara total mencapai 19.926 unit dari periode produksi Maret hingga Oktober 2018.

Kedua model tersebut mengalami masalah pada high speed gear shift karena komponen itu berada di luar batas standar, dan berpotensi membuat perpindahan dari gigi lima menjadi tidak normal atau keras.

Riecky Patrayudha, Head of Service 4W, 2W & Marine PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, dana yang dikeluarkan sudah pasti sangat besar sekali. Bukan hanya untuk part tetapi ada pendukung lainnya juga.

"Harga komponennya tidak mahal, hanya Rp 52.000, tetapi kita juga ada biaya yang harus dikeluarkan untuk pengecekan, logistik, jasa yang secara keseluruhan sangat besar," kata Riecky di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (19/12/2018).

Baca juga: Suzuki "Recall" Belasan Ribu Carry di Indonesia

Secara nominal atau nilai rupiah Riecky tidak mau memberikan angka, tetapi semua itu dilakukan demi keamanan dan kenyamanan konsumen kedua produk tersebut di Indonesia.

"Jadi memang bukan karena ada laporan dari konsumen, tetapi kami selalu mengecek dan memang komponen tersebut berpotensi kurang begitu baik sehingga kami melakukan program ini," ujar Riecky.

Baca juga: Imbas Carry, Mitsubishi Juga "Recall" Colt

Sementara itu, untuk identifikasi berlaku untuk Carry dengan nomor rangka MHYESL415JJ600390-MHYESL415JJ601391 untuk Carry Real Van dan MHYESL415JJ709016-MHYESL415JJ735924 buat New Carry Pick Up (Wide Deck, Flat Deck).

"Kami tidak akan berhenti melakukan program ini apabila belum 100 persen. Kami harapkan konsumen segera melakukan pengecekan dan perbaikan di bengkel resmi," ucap dia.



Close Ads X