Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki "Recall" Belasan Ribu Carry di Indonesia

Kompas.com - 18/12/2018, 12:24 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) melakukan recall atau kampanye perbaikan melalui program Suzuki Product Quality Update. Untuk unit yang terdampak adalah Carry Pick Up dan Real Van produksi bulan Maret hingga Oktober 2018.

Kampanye ini sudah diumumkan sebelumnya oleh President Director SIM Seiji Itayama, yang mengatakan adanya pergantian suku cadang atau part. Namun sayang Itayama tidak menjelaskan secara spesifik komponen apa yang harus diganti pada kedua model Carry tersebut.

Setelah mengkonfirmasi Head of Service 2W, 4W, and Marine Suzuki Indomobil Sales (SIS) Riecky Partrayudha, menjelaskan bahwa kedua model Carry tersebut harus melakukan pergantian part terkait masalah transmisi karena di luar batas standar.

Baca juga: Bermasalah, Suzuki Tarik Belasan Ribu Carry Pikap dan Minibus

"Pergantian pada high speed gear shift shaft karena part-nya di luar batas standar. Hal ini berpotensi membuat perpindahan dari gigi lima menjadi keras. Dalam kasus tertentu perpindahan dari gigi lima mungkin tidak bisa dilakukan," ucap Riecky kepada saat dikonfirmasi, Selasa (18/12/2018).

Suzuki Carry pick up di Kabar Wirausaha Suzuki, Surabaya.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Suzuki Carry pick up di Kabar Wirausaha Suzuki, Surabaya.
Total ada 19.926 unit Carry produksi Maret-Oktober 2018 yang terdampak kampanye Product Quality Update ini. Sementara untuk identifikasinya terdapat pada Carry dengan nomor rangka MHYESL415JJ600390-MHYESL415JJ601391 untuk Carry Real Van dan MHYESL415JJ709016-MHYESL415JJ735924 untuk New Carry Pick Up (Wide Deck, Flat Deck).

Baca juga: Suzuki Hadirkan Lagi Bemo di Bali

Para pemilik diimbau untuk melakukan pengecekan di laman resmi www.suzuki.co.id dengan cara masuk ke menu maintenance lalu pilih Suzuki Quality Update. Setelah itu akan diminta mengisi 17 nomor rangka, nama, juga nomor kontak.

Suzuki mengklaim akan menanggung semua biaya perbaikan, termasuk jasa dan oli beserta filternya. Untuk pemeriksaan akan berlangsung selama 30 menit, namun bila unit terdampak, maka dibutuhkan tambahan waktu sekitar 3 jam untuk proses penggantian komponen tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com