Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Stop Produksi Avanza-Xenia Lawas?

Kompas.com - 29/11/2018, 07:42 WIB
Agung Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah menghentikan produksi Avanza dan Xenia yang saat ini masih dijual di pasar. Penghentian produksi dilakukan karena stok sudah mencukupi sampai akhir tahun, sekaligus menyiapkan model terbaru dari "mobil sejuta umat" kembar besutan Toyota dan Daihatsu ini.

"Produksi sudah dihentikan, sudah persiapan untuk model baru. Tadinya mau meluncur Desember ini, tetapi batal. Geser menjadi Januari kalau tidak ada perubahan," kata sumber internal perusahaan kepada Kompas.com di Jakarta, belum lama ini.

Disebutkan, penghentian produksi juga sejalan dengan periode overhaul tahunan menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2019. Saat ini, Avanza dan Xenia diproduksi dipabrik milik ADM di Sunter, Jakarta Utara dan Karawang, Jawa Barat.

Baca juga: Konfirmasi Rumors Perihal DN Multisix dan Masa Depan Avanza-Xenia

Soal informasi ini, Kompas.com juga mengonfirmasi langsung Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, tetapi ia tidak mau berkomentar lebih banyak soal itu. Dia bilang untuk sekarang ini belum bisa diinformasikan dulu.

"Untuk ini saya belum bisa berkomentar dulu," ucap wanita yang akrab disapa Amel ini kepada Kompas.com, Rabu (28/11/2018).

Toyota Avanza yang dipamerkan di belakang stan Toyota GIIAS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Avanza yang dipamerkan di belakang stan Toyota GIIAS 2018

Ubahan Avanza-Xenia

Terkait soal ubahan yang bakal ditawarkan duet maut, Avanza-Xenia, diinformasikan sumber sebelumnya, sifatnya facelift, tetapi statusnya major change. Jadi bakal terjadi ubahan signifikan pada tampilan wajah kedua low multipurpose vehicle (LMPV) itu, tetapi bukan sasis sistem penggerak roda belakang, apalagi power train.

Daihatsu Xenia model terbaru dijadwalkan meluncur pada awal 2019. Salah satu persiapannya, yaitu sudah mulai menghentikan produksi versi lawas karena akan digunakan merakit yang baru.

"Interiornya bakal banyak mirip dengan Terios-Rush, jadi sudah lebih modern nantinya. Tampilan paling beda bakal terasa di varian tertinggi (Veloz) dan (Xenia tipe R)," ucap sumber tadi.

Baca juga: Konfirmasi Rumors Perihal DN Multisix dan Masa Depan Avanza-Xenia

Program ?Xpander Tons of Real Happiness? menyambangi Medan.ISTIMEWA Program ?Xpander Tons of Real Happiness? menyambangi Medan.

Seperti biasanya, prosesi peluncuran biasanya dilakukan pada hari yang sama, hanya beda jam. Toyota sebagai prinsipal sekaligus pemilik absah Daihatsu, bakal duluan. Baru selang beberapa jam, baru menyusul Xenia.

Avanza-Xenia merupakan produk kolaborasi yang panjang umur di Indonesia, bergulir sejak akhir 2003. Fenomena kedua model ini juga sudah membahana ke seluruh penjuru Indonesia, dan bertahun-tahun menjadi model terlaris di Indonesia. Tapi, setelah merek kompetitor mulai masuk ke segmen LMPV, kedua model mulai goyah, terutama sepanjang 2018 ini, lewat penantang utama Mitsubishi Xpander. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com