Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza dan Xenia Bekas Diserap Konsumen Daerah

Kompas.com - 04/10/2018, 07:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki bulan Oktober 2018, penjualan mobil bekas diklaim masih mengalami perkembangan positif. Khususnya bagi mobil kota dan hatchback yang pasarnya terus tumbuh berkat adanya isu perluasan ganjil-genap yang akan dipermanenkan.

Sementara di kelas low multi purpose vehicle (LMPV), secara tren masih stabil, terutama untuk Mobilio dan Ertiga. Sedangkan duet Avanza dan Xenia kini lebih banyak diincar oleh konsumen daerah.

Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, menjelaskan, sejak akhir Agustus banyak konsumen daerah yang datang ke Jakarta mencari Xenia dan Avanza bekas.

Baca juga: Isu Ganjil-genap Bikin Mobil Bekas Bergairah

"Avanza dan Xenia masih bagus, tapi sekarang larinya ke konsumen di daerah. Mulai dari sekitar Jawa Barat, Lampung, ada juga dari Jawa Tengah. Kalau di Jakarta yang sampai saat ini masih tumbuh Ertiga, Mobilio, dan Xpander," ucap Herjanto saat dihubungi Kompas.com, Rabu (3/10/2018).

Menurut Herjanto, tren di Ibu Kota saat ini memang lebih didominasi oleh LMPV modern, apalagi sejak kemunculan Xpander di pasar mobil bekas. Meski jumlahnya tidak banyak, tapi selalu mejadi buruan dibandingkan Avanza atau Xenia.

Diler mobkas di MGKStanly/Otomania Diler mobkas di MGK

Bukan hanya Herjanto, Ridwan dari showroom mobil bekas Cemerlang di kawasan Jakarta Timur, juga mengungkapkan hal senada. Menurut Ridwan permintaan Avanza dan Xenia kini lebih didominasi konsumen di daerah dan pinggiran Jakarta.

Baca juga: Dampak Dollar AS, Mobil Bekas Tuai Untung

"Paling sering yang pesan itu orang dari Cikarang atau daerah Karawang, kalau di Jakarta sendiri pasarnya tidak banyak. Meski barang mulus, tapi kalau kita pajang di showroom itu bisa berminggu-minggu baru laku," ucap Ridwan di waktu yang sama.

Sementara soal harga, Ridwan dan Herjanto mengatakan sampai saat ini harga jual Avanza dan Xenia sendiri tidak mengalami kenaikan. Untuk Avanza matik lansiran 2014, kisaranya masih sekitar Rp 122 sampai Rp125 jutaan, sementara yang manual lebih murah Rp 10 juta dari matiknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com