Gesits Sudah Siapkan Stasiun Isi Ulang Baterai - Kompas.com

Gesits Sudah Siapkan Stasiun Isi Ulang Baterai

Kompas.com - 11/11/2018, 09:02 WIB
Presiden Joko Widodo jajal skuter listrik anak bangsa, Gesits yang siap produksi massal, di Istana Kepresidenan, Rabu (7/11/2018)PT Gesits Presiden Joko Widodo jajal skuter listrik anak bangsa, Gesits yang siap produksi massal, di Istana Kepresidenan, Rabu (7/11/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com – Skuter listrik buatan anak bangsa Gesits, pengisian baterainya tak hanya bisa dilakukan dengan melakukan pengecasan lewat instalasi listrik, tapi dapat melalui konsep battery swap.

Ini merupakan metode pengisian ulang yang dilakukan dengan cara pertukaran baterai. Konsep ini tak ubahnya seperti pembelian air isi ulang atau gas untuk memasak, di mana yang kosong ditukar dengan yang sudah terisi.

Ini akan sangat mempermudah pemilik Gesits, yang sedang dalam perjalanan dan baterainya akan habis. Mereka tak perlu melipir untuk mengecas, dan menunggu beberapa waktu sampai baterai penuh, Jadi tinggal temukan swap station dan sisi ulang baterai.

CEO PT Gesits Technologies Indo (GTI) Harun Sjech mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan fasilitas tersebut. Sehingga ketika Gesits resmi dipasarkan, sudah tersedia beberapa swap station, yang bekerjasama dengan mitra-mitra mereka.

Swaping station sedang kami siapkan, kami dan mitra kami sudah siap, untuk bikin konsepnya. Nanti ketika Gesits sudah diluncurkan, sudah ada stasiunnya, tapi masih belum banyak,” ujar Harun kepada KOMPAS.com, Kamis (8/11/2018).

Baca juga: Panglima TNI Berniat Boyong Ribuan Gesits buat Pasukan

Gogoro skuter listrik dan swap-station miliknya.Nikkei Gogoro skuter listrik dan swap-station miliknya.

Terkait jumlahnya, Harun masih belum mau mengungkapkannya. Namun yang pasti, buat tiga wilayah yang menjadi fokus utama seperti Jakarta, Surabaya dan Bali, sudah disiapkan titik-titik mana saja yang akan menjadi lokasi swap station.

“Soal penambahan sudah pasti, tapi tergantung dari jumlah penjualan Gesits sendiri. Terpenting saat ini, kami amankan terlebih dahulu wilayah yang menjadi fokus di awal-awal,” kata Harun.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir berharap, battery swap bisa dilakukan di jaringan-jaringan SPBU Pertamina.

“Dengan begitu, masyarakat pengguna bisa menukar baterai semudah mereka mengisi bensin di SPBU,” kata Nasir saat mengunjungi pabrik perakitan Gesits di kawasan industri PT. Wijaya Karya (WIKA) Industri & Konstruksi Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/8/2018).

Skuter listrik Gesits sudah resmi diperkenalkan kepada publik, lewat soft launching yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018). Lebih dari itu, Jokowi juga sempat menjajal Gesits dan akan membelinya 100 unit.



Close Ads X