Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instruktur "Safety Riding" AHM Siap Adu Skill di Jepang

Kompas.com - 16/10/2018, 13:22 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) tahun ini kembali memberangkatkan instruktur safety riding ke Jepang untuk mengikuti kompetisi “Safety Japan Instructors Competiton 2018. Total ada lima orang yang akan mewakili Indonesia di kancah duni.

Dalam kompetisi yang diikuti 10 negara ini, mereka akan bertarung di tiga kelas yang dilombakan, yaitu 750cc, 400cc, dan 125cc. Peserta yang diberangkatkan AHM pada kompetisi tahun ini merupakan instruktur terbaik dan terpilih pada ajang nasional Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AH-SRIC) 2018 yang telah dihelat pada Juli lalu di Pekanbaru, Riau.

Katetori kelas 750cc, perwakilan Indonesia adalah Agus Sani dari DKI Jakarta. Fendrik Alam Pribadi dari Surabaya, Jawa Timur yang merupakan juara pertama kategori big bike AH-SRIC akan bertanding pada kelas 400cc. Fendrik akan ditemani rekannya Ibnu Fachrizal dari Samarinda, Kalimantan Timur.

Sementara itu, Sofian Hazri dari Medan, Sumatera Utara yang berhasil meraih juara pertama kategori sport pada ajang AH-SRIC siap berkompetisi pada kelas 125cc ditemani Hari Setiawan dari Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga: Perubahan Paradigma “Road Safety”, Orang Boleh Kecelakaan, tapi...

General Manager Marketing Planning & Analysis Division AHM A. Indraputra menjelaskan berbagai persiapan sudah dilakukan guna menghadapi kompetisi bertaraf Internasional. Pelatihan intensif yang dilakukan pun diharapkan dapat menjadi bekal kuat saat berkompetisi menghadapi instruktur-instruktur negara lain.

“Kami berharap instruktur safety riding binaan AHM mampu bertarung pada ajang kompetisi bertaraf Internasional dengan hasil yang maksimal. Sekembalinya ke Tanah Air nanti, mereka akan menjadi salah satu garda terdepan dalam mengedukasi kampanye keselamatan berkendara bagi masyarakat di berbagai wilayah,” ujar Indraputra dalam siaran resmi, Selasa (16/10/2018).

Edukasi Safety Ridingdok.WMS Edukasi Safety Riding

Guna mempertajam dan mengasah skill menjelang kompetisi, kelima instruktur Honda ini berlatih secara intensif selama 6 hari di Traffic Education Rainbow Centre (TERC) Hamanako dan Suzuka Circuit Traffic Education Centre (SETC) Jepang sejak 11 Oktober hingga 16 Oktober 2018.

Berbagai materi pelatihan keselamatan berkendara dijalani para instruktur, termasuk pembekalan motivasi untuk siap bertarung pada ajang kompetisi safety riding bertaraf Internasional.

“Sebelumnya para instruktur juga berlatih secara rutin di regional masing-masing sejak Juli lalu. Mereka pun menjalani pelatihan intensif yang terpusat di Safety Riding Centre Surabaya sejak 17 September 2018 hingga 7 Oktober 2018,” kata Indraputra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com