Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Toyota di Jawa Tengah Masih Menjanjikan

Kompas.com - 26/09/2018, 13:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Meski belum ada produk baru, namun penjualan Toyota di area Jawa Tengah masih tumbuh subur. Kondisi ini diklaim dari meningkatnya pasar Toyota memasuki semester kedua 2018.

Marketing Director Nasmoco Group Hartono Dinata, mengatakan, hingga Agustus 2018, penjualan Toyota di Jawa Tengah naik 15 persen.

"Kalau dari market share, kontribusi Jawa Tengah itu sekitar 30 persen lebih terhadap penjualan nasional," ucap Hartono kepada Kompas.com di Yogyakarta, Selasa (25/9/2018).

Baca juga: Latar Belakang Toyota Kencangkan Budaya Industri

Dari segi model, menurut Hartono Avanza dan Calya masih menjadi kontributor terbesar sampai saat ini. Bahkan di tengah maraknya kehadiran model-model baru yang ditawarkan oleh kompetitor, keduanya masih tetap mendapat animo yang positif dari masyarakat di Jawa Tengah.

Toyota Avanza yang dipamerkan di belakang stan Toyota GIIAS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Avanza yang dipamerkan di belakang stan Toyota GIIAS 2018

Sementara untuk efek melemahnya rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, Hartono mengatakan sampai saat ini belum ada imbas signifikan terhadap penjualan Toyota di daerah, terutama Jawa Tengah.

"Untuk kontribusi Avanza dan Calya saya harus cek data dulu ya, tapi soal efek dollar di Jawa Tengah sendiri sampai saat ini memang belum terlihat," kata Hartono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com