Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Berhati-hati dengan Kebijakan Uang Muka Nol Persen

Kompas.com - 19/09/2018, 13:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana program uang muka nol persen yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beberapa waktu lalu menimbulkan beragam reaksi terutama di kalangan pelaku industri otomotif.

Uang muka yang semula berkisar antara 5 sampai 25 persen untuk pembelian mobil, direncanakan dapat turun menjadi 0 persen.

Toyota sebagai produsen otomotif di Indonesia juga akan terkena pengaruh kebijakan ini. Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengungkapkan ada yang perlu diperhatikan dari peraturan tersebut.

"DP 0 persen bagus untuk industri tapi ada resikonya. Terutama low segmen, kalau tidak dibarengi analisis kredibilitas konsumen dengan baik, NPL (non performing loan atau resiko kredit bermasalah) akan besar dan industri otomatis akan terkena dampak," ucap Soerjo saat ditemui beberapa waktu lalu.

Perusahaan pembiayaan diharapkan menjalankan tugas untuk menganalisis calon kreditur. Setiap perusahaan pembiayaan memiliki data mengenai rekam jejak calon kreditur.

Baca juga: Toyota Masih Pede Avanza Bisa Lawan Xpander

"Kata kuncinya DP 0 persen ini dijalankan tapi dengan analisis yang kuat dari financial company, itu yang harus dijaga. Kalau NPL naik tidak jualan pasti," jelas Soerjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com