Motor Kaburator Muncul Lagi, Ini Tanggapan Honda

Kompas.com - 21/08/2018, 19:42 WIB
Karburator tanpa filter udara Stanly/OtomaniaKarburator tanpa filter udara

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada gelaran pameran otomotif nasional awal Agustus lalu, ada beragam produk sepeda motor yang dikenalkan produsen roda dua. Salah satu yang menjadi perhatian adalah munculnya model sepeda motor dengan sistem pengapian karburator.

Viar misalnya, masih setia dengan teknologi karburator dan memasangkannya di produk motor retro Vintech 200 dan 250. Benelli juga menawarkan produk Patagonian Eagle, motor jenis cruiser miliknya dengan teknologi karburator serta beberapa model lainnya.

Meski terbilang teknologi lama, ternyata masih banyak konsumen yang tertarik dengan produk-produk tersebut. Mengenai kemunculan produk-produk motor berkarburator, General Manager Technical Service Division PT AHM Wedijanto Widarso coba memberikan pandangan.

"Penggunaan karburator sebenarnya tidak ada masalah, tidak apa-apa juga pilihannya itu. Hanya saja pada titik tertentu akan kesulitan," ucap Wedi saat ditemui beberapa waktu lalu.

Baca juga: Plus-Minus Mesin Injeksi dan Karburator buat Balapan

Wedi menjelaskan pada saat ini mungkin motor berkaburator masih dapat memenuhi kriteria emisi yang ditetapkan pemerintah. Namun saat akan dinaikkan menjadi Euro IV akan kesulitan memenuhi standar tersebut.

Penilaian Wedi teknologi karburator akan sangat sulit memenuhi standar emisi tersebut. Pembuatan perangkat karburator pun wajib sangat presisi agar emisi yang dihasilkan memenuhi standar.

" Honda sendiri sudah beralih ke injeksi sejak 2011. Itu awalnya juga perlu pengenalan dengan waktu dan tenaga yang luar biasa tapi akhirnya diterima. Injeksi itu mahal tapi kalau diproduksi banyak biayanya jadi bisa ditekan," ucap Wedi.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X