GIIAS Makassar 2018 Resmi Dibuka, Minus Toyota

Kompas.com - 21/08/2018, 11:38 WIB
Stan Mitsubishi di GIIAS Makassar 2018. Agung Kurniawan/KOMPAS.comStan Mitsubishi di GIIAS Makassar 2018.

Makassar, KOMPAS.com - Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Makassar Auto Show 2018 resmi dibuka, di Celebes Convention Center (CCC) Makassar, Selasa (21/8/2018). Pameran ini diklaim sebagai ajang eksebisi otomotif terbesar di wilayah Indonesia Timur.

Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsjah dalam sambutannya, mengatakan, Makassar merupakan salah satu gerbang utama menuju Indonesia Timur. Sepanjang semester pertama 2018, data Bank Indonesia menunjukkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan mencapai 7,41 persen. Pertumbuhan ini, kata dia, yang tertinggi setelah Papua dan Maluku Utara.

“Jadi Makassar sangat penting bagi kami, untuk memperlihatkan teknologi, kendaraan baru yang dimiliki anggota Gaikindo,” kata Rizwan, di sela pembukaan GIIAS Makassar 2018.

Rizwan melanjutkan, medio Januari-Juli 2018, total penjualan mobil di Indonesia mencapai 660.000 unit atau naik 5 persen dari periode sama tahun sebelumnya. Sementara itu, Pulau Sulawesi secara nasional berkontribusi terhadap total nasional, mencapai 4 persen.

Baca juga: Mitsubishi Hadirkan Diler Kendaraan Penumpang Pertamanya di Bangka Belitung

“Dari situ (4 persen), Sulawesi Selatan-nya saja terbesar, mencapai 2,9 persen, jadi memang Sulsel merupakan penggerak ekonomi dan pelaku bisnis di Indonesia timur,” kata Rizwan lagi.

PJ Gubernur Sulawesi Selatan Sonny Sumarsono, mengatakan, Makassar wajib jadi perhatian para pelaku bisnis di Indonesia, salah satunya dari otomotif. Sulsel, kata Sonny, merupakan salah satu gerbang utama di kawasan timur Indonesia.

“Semua kegiatan distrbusi dan redistribusi ada di sini. Jadi, apa yang terjadi di Sulsel, akan berpengaruh langsung dengan kondisi Indonesia timur,” kata Sonny.

Toyota di GIIAS Makassar 2018, hanya menampilkan satu truk Dyna yang sudah dimodifikasi.Agung Kurniawan/KOMPAS.com Toyota di GIIAS Makassar 2018, hanya menampilkan satu truk Dyna yang sudah dimodifikasi.

Tanpa Toyota

Dari pantauan langsung Kompas.com di lokasi pameran, Grup Astra diwakili divisi keuangan, lewat Astra Finance masih terlihat sebagai sponsor utama acara ini, sama seperti acara utama GIIAS di ICE, BSD, Tangerang, awal Agustus 2018 lalu.  Kalau dirinci, hadir lebih dari 30 exhibitor ikut memeriahkan acara ini.

Baca juga: Beli Xpander Masih Inden, Ini Janji Mitsubishi

Rinciannya 10 merek kendaraan penumpang, masing-masing dua dari komersial, dua dari sepeda motor, dan lebih dari 17 industri pendukung otomotif. Tapi, yang menarik adalah, absennya merek Toyota, penguasa pasar otomotif di Indonesia dalam pameran asosiasi otomotif di Indonesia itu.

Kehadiran Toyota hanya terlihat dengan adanya satu unit truk Dyna yang sudah mendapatkan sentuhan modifikasi, berupa layar interaksi digital. Tidak ada satupun mobil Toyota yang dipamerkan di GIIAS, yang diwakili oleh Grup Haji Kalla Toyota, untuk wilayah Sulawesi Selatan ini.

Menanggapi hal ini, Johannes Nangoi, Ketua Gaikindo, mengatakan, memang Toyota tidak ikut karena mereka punya pameran berdekatan dengan acara ini. “Ini tempatnya seperti ini, saya juga tidak ikut waktu itu. Tapi, next kita akan ajak lagi, sebelum-sebelumnya Toyota ikut kok,” kata Nangoi.

Setelah ditelusuri, ternyata Haji Kalla Toyota, sudah dua tahun absen dari GIIAS. Selain itu, pada waktu yang bersamaan, saat ini, tengah menggelar eksebisi tunggal di Phinisi Point Mall, yang satu kawasan dengan Celebes Convention Center (CCC) Makassar. Pada pameran tunggal ini, terlihat all out, bahkan sampai menyediakan area test drive khusus konsumen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.