Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2018, 13:35 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim libur lebaran telah resmi berakhir. Sebagian besar pemudik asal Jakarta yang pulang ke kampung halaman kini telah kembali.

Pada musim mudik tahun ini, untuk pertama kalinya jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya telah dapat dilalui.

Meski demikian, belum semua ruas berstatus tol operasional. Masih ada beberapa ruas yang berstatus tol fungsional. Sehingga belum ada pengenaan tarif bagi kendaraan yang melintas.

Dari penghitungan resmi pemerintah, total biaya tol Jakarta hingga Surabaya sampai saat ini mencapai sekitar Rp 351.500.

Baca juga: Resmi, Tarif Tol Jakarta-Surabaya Rp 351.500

 

Antrean kendaraan pemudik yang akan melintasi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.MAULANA MAHARDHIKA Antrean kendaraan pemudik yang akan melintasi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.

Guna menyambut musim mudik lebaran, pada 2-5 Juni 2018, tim Kompas.com sempat menjajal perjalanan melalui ruas tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya.

Perjalanan ini merupakan bagian dari peliputan Merapah Trans Jawa 3 dari 2-14 Juni yang menempuh jarak dari Jakarta hingga ujung ruas tol Trans Jawa di Pasuruan, Jawa Timur, dilanjutkan ke kawasan Gunung Bromo.

Perjalanan pulang kemudian dilanjutkan melalui Pasuruan-Surabaya-Ngawi-Wonogiri-Yogyakarta-Kebumen-Pekalongan-Cirebon hingga kembali ke Jakarta.

Baca juga: Mudik Asyik Cara Tim Merapah Trans-Jawa

Dua unit Datsun Cross yang digunakan kru Kompas.com dalam perjalanan Merapah Trans Jawa 3.Kompas.com/Alsadad Rudi Dua unit Datsun Cross yang digunakan kru Kompas.com dalam perjalanan Merapah Trans Jawa 3.

Khusus untuk perjalanan dari Jakarta hingga Surabaya, tim Kompas.com sempat menghitung total biaya yang dihabiskan untuk bahan bakar dan tol.

Menggunakan dua unit mobil Datsun Cross, total biaya bahan bakar yang dihabiskan dari Jakarta hingga Surabaya mencapai Rp 675.018 untuk mobil pertama dan Rp 860.070 untuk mobil kedua.

Selama perjalanan, pengemudi mobil pertama hanya menggunakan mode normal, sedangkan pengemudi mobil kedua banyak menggunakan mode sport.

Baca juga: Berikut Konsumsi dan Biaya BBM Jakarta-Bromo via Tol Trans Jawa

Kendaraan melintas di Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Tol tersebut akan difungsionalkan pada arus mudik lebaran 2018.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan melintas di Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Tol tersebut akan difungsionalkan pada arus mudik lebaran 2018.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com