Daftar Mobil Baru yang Belum Bisa Dipakai Mudik - Kompas.com

Daftar Mobil Baru yang Belum Bisa Dipakai Mudik

Kompas.com - 07/05/2018, 12:05 WIB
Suzuki All New Ertiga di IIMS 2018Setyo Adi/Kompas.com Suzuki All New Ertiga di IIMS 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini cukup banyak merek yang mengeluarkan mobil baru. Mulai Mitsubishi meluncurkan Xpander, Suzuki Ertiga generasi kedua, Toyota Rush, Daihatsu Terios, hingga merek China seperti Wuling dan DFSK.

Nah, biasanya menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan mobil ikut meningkat dibanding bulan biasa. Alasan utama, banyak yang digunakan untuk pulang ke kampung halaman alias mudik.

Masyarakat yang punya rencana membeli mobil baru, terutama dari merek dan model yang disebutkan di atas, ada yang belum bisa digunakan untuk mudik lebaran nanti.

Misal, konsumen yang beli Xpander bulan ini belum tentu bisa digunakan untuk mudik, sebab inden masih sekitar dua hingga tiga bulan. Artinya, pesan Mei 2018, kemungkinan bisa terima unit sekitar Juli atau Agustus 2018.

Baca juga: Xpander Gilas Avanza di Babak Pertama Musim 2018

"Masih inden, dan kita tidak bisa mendahulukan konsumen yang baru, karena sistemnya mengikuti nomor antrean," kata tenaga penjual diler Mitsubishi yang tidak mau disebutkan identitasnya saat ditemui KOMPAS.com belum lama ini di Jakarta.

Selain itu, si kembar Terios-Rush juga belum bisa digunakan untuk pulang ke kampung halaman. Indennya lebih lama lagi, yaitu sekitar tiga hingga empat bulan.

Test Drive Daihatsu Terios di Padang.Istimewa Test Drive Daihatsu Terios di Padang.

"Kita juga belum ada diskon, karena permintaan tinggi. Sehabis lebaran mungkin baru bisa diterima konsumen," kata pramuniaga salah satu diler Toyota di Jakarta Selatan.

Berbeda dengan Ertiga, menurut pengakuan salah seorang tenaga penjual diler Suzuki, untuk konsumen yang memesan akhir April, kemungkinan akhir Mei 2018 ini sudah bisa menerima unit.

"Kalau pesannya awal-awal Mei 2018 ini juga masih bisa, yang tidak bisa kalau sudah di akhir Mei, karena dari polisi juga sudah tutup menjelang lebaran untuk pengurusan surat-surat," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W Donny Saputra menjelaskan bahwa proses pengiriman unit ke seluruh diler akan dilakukan pada pekan pertama Mei 2018 ini.

Terakhir, duo merek Tiongkok yang mencoba menawarkan model dari segmen low multi purpose vehicle ( LMPV), multi purpose vehicle (MPV) medium, dan sport utility vehicle (SUV).

Wuling Cortez 1.8L modifikasi.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Wuling Cortez 1.8L modifikasi.

Konsumen yang membeli Wuling Confero atau Cortez 1.8-liter, masih bisa digunakan untuk mudik, tetapi yang baru, yaitu Cortez 1.5-liter belum bisa karena harus inden sekitar dua pekan.

"Mungkin bisa, tetapi saya tidak berjanji karena tergantung dari proses surat-surat dari polisinya juga. Kalau untuk yang 1.8 dan Confero bisa dipakai mudik," kata pramuniaga diler Wuling di Jakarta.

Terakhir, DFSK Glory 580 yang resmi diluncurkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, bulan lalu. Menurut tenaga penjualnya, untuk dipakai mudik sudah bisa karena mulai pengiriman ke diler pada awal Mei 2018 ini.

DFSK Glory 580 di IIMS 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI DFSK Glory 580 di IIMS 2018.

"Untuk akhir Mei atau awal Juni masih bisa, karena kita usahakan proses semuanya cepat buat konsumen," kata tenaga penjual itu.


Close Ads X