Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander Gilas Avanza di Babak Pertama Musim 2018

Kompas.com - 28/04/2018, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Pertarungan di segmen MPV Sejuta Umat  di dalam negeri semakin seru, apalagi sejak kedatangan Xpander. Dialah yang akhirnya sanggup menggoncang takhta tertinggi yang sudah diduduki selama 14 tahun.

Babak pertama atau kuartal I/2018, Xpander akhirnya berhasil menggilas Avanza dan menggantikannya pada takhta tertinggi low multi purpose vehicle (LMPV). Hasil ini sekaligus menunjukkan kalau Xpander tak bisa dianggap remeh.

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Xpander berada di puncak dengan total 21,972 unit. Pangsa pasar yang berhasil diperolehnya mencapai lebih dari 30 persen, atau tepatnya 31,24 persen.

Baca juga : Mitsubishi Motors Resmi Ekspor Mitsubishi XPANDER dari Indonesia

Xpander versus Avanza.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Xpander versus Avanza.

Sementara Avanza hanya mendapat 21.413 unit saja dengan kebagian jatah kue 30,44 persen. Memang tampak tipis dengan Xpander, tapi jika dikupas lebih dalam lagi, jagoan Toyota ini mengalami penurunan parah atau sampai minus 40,04 persen!

Pihak Toyota sebelunya mengungkapkan, kalau mereka sedang mencari tahu apakah pasar Avanza hilang karena Xpander atau Rush.

Kemudian melihat posisi ketiga yang cukup jauh berada di luar dua teratas yaitu Ertiga, yang hanya mampu memperoleh 9.758 unit (13,87 persen). Lalu keempat dan kelima ada Xenia 8,617 unit (12,25 persen), serta Mobilio 4.855 unit (6,90 persen).

Pertarungan MPV sejuta umat (LMPV) kuartal I/2018 (diolah dari data Gaikindo).KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Pertarungan MPV sejuta umat (LMPV) kuartal I/2018 (diolah dari data Gaikindo).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com