Alasan Beli Motor Legendaris Seperti Astrea Grand

Kompas.com - 16/03/2018, 08:02 WIB
Honda Astrea Star dok.Arif SyahbaniHonda Astrea Star

Jakarta, KOMPAS.com - Sepeda motor legendaris yang penah dijual di Indonesia, cukup beragam. Mulai Honda Astrea Grand, Yamaha Alfa, Suzuki Crystal hingga Suzuki RC100, serta masih banyak lagi model lainnya.

Peminat motor seperti itu kini muncul lagi, bahkan sampai ada yang rela merogoh kocek hingga Rp 80 juta untuk membeli dan menjadikan bahan koleksi pribadi.

Selain koleksi, tidak sedikit juga orang yang membeli kemudian melakukan restorasi hingga digunakan di jalan raya pada akhir pekan (Sunday Morning Ride/Sanmori).

Menurut Hendrix dari bengkel Santoso Restorasi di Surabaya, Jawa Timur, orang yang membeli biasanya senang dengan motor tersebut, bahkan ada juga hobi mengoleksi, hingga nostalgia karena semasa mudanya pernah punya kenangan dengan motor legendaris itu.

Baca juga: Simak Biaya Restorasi Motor Nostalgia seperti Astrea Grand

"Jadi mereka beli kemudian direstorasi, dan mereka senang dengan tampilannya yang klasik seperti itu," ujar Hendrix kepada KOMPAS.com melalui sambungan telepon, Kamis (15/3/2018).

Motor seperti ini yang lagi diganderungi lagi.dok.Santoso Restorasi Motor seperti ini yang lagi diganderungi lagi.

Selain Hendrix, salah satu pemilik motor legendaris, yaitu Arif Syahbani. Dia membeli Honda Astrea Star C86 lansiran 1987 dengan banderol Rp 5 jutaan.

Alasan dia membeli motor itu karena sewaktu SMP hingga SMA, tepatnya 1990-an, sedang tren dan sekarang ingin bernostalgia lagi.

"Saya beli itu awalnya dikasih tau sama temen kalau ada yang jual Astrea Prima, kebetulan warna biru yang memang langka, karena kebanyakan warna hitam. Jadi bisa nostalgia lagi, karena tahu kalau motor itu juga irit sekali," kata Arif kepada KOMPAS.com, Kamis (15/3/2018).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X