Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakitan Lokal Truk Fighter Mitsubishi Fuso Bertahap Sempurna

Kompas.com - 04/03/2018, 19:02 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengakui truk medium baru, Fighter sudah diproduksi sejak diperkenalkan di pembukaan Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2018. Meski begitu status rakitan lokalnya belum sempurna.

Duljatmono, Direktur Penjualan dan Pemasaran KTB saat bertemu wartawan di hari kedua Giicomvec menjelaskan Fighter yang diproduksi di pabrik Mitsubishi di Pulo Gadung, Jakarta Timur, masih dilakukan dengan cara semi-CKD. Sebagian komponennya diimpor dari Jepang.

“Nah untuk sampai CKD full itu secara bertahap, sampai 2021. Mungkin beberapa model dulu sedang kami siapkan, pada 2018 masih semi-CKD,” kata Duljatmono.

Baca: Truk Fuso Fighter Dijual Sebentar Lagi

Mitsubishi Fighter, truk baru kelas medium.KOMPAS.com/FEBRI ARDANI Mitsubishi Fighter, truk baru kelas medium.

Duljatmono mengatakan Fighter bakal punya 16 varian yang menyesuaikan model bisnis konsumen. Empat di antaranya sudah diperkenalkan di Giicomvec, yakni Fighter FM65FS HiGear 4x2 Cargo, Fighter FN61FM HD 6x2 Tank, Fighter FN62F HD 6x4 Dump, dan Fighter FN 62F.

Selain bertugas sebagai penambah kontribusi penjualan truk kelas medium Mitsubishi Fuso, Fighter juga dikatakan merupakan jawaban atas peralihan regulasi mesin diesel di Indonesia dari Euro II ke Euro IV yang berlaku pada 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com