Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volkswagen dan Audi di Indonesia Berhenti Jual Mobil Diesel

Kompas.com - 25/02/2018, 13:02 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Tangerang, KOMPAS.comGaruda Mataram Motor (GMM) sebagai pemegang merek Volkswagen dan Audi sudah tidak lagi menjual mobil bermesin diesel di Indonesia. Strategi ini merupakan buntut kasus dieselgate Volkswagen AG yang melibatkan 11 juta kendaraan di seluruh dunia.

Dieselgate dimulai dari Amerika Serikat pada 2015. Di sana Volkswagen terbukti menggunakan perangkat canggih pada mesin TDI (Turbocharged Direct Injection) yang bisa memanipulasi emisi sewaktu uji tipe.

Baca: "Software Dieselgate? VW Ternyata Buatan Audi

Canggihnya, perangkat itu bisa menekan emisi hanya saat pengujian. Namun, level emisi setelah lewat pengujian atau ketika digunakan konsumen bisa lompat 40 kali lipat. Model yang terlibat produksi 2009 – 2015.

“Tahun ini ke depan, kami belum mau memasukan diesel dan tidak boleh sama mereka (prinsipal Volkswagen AG) karena punya pengalaman seperti itu mereka tidak berani spekulasi lagi. Bukan dilarang, mereka tidak merekomendasi,” ucap Jonas Chendana, Chief Operation Officer GMM di Tangerang, Sabtu (24/2/2018).

Selain tidak direkomendasi, menurut Jonas, mesin diesel Volkswagen yang saat ini dikembangkan untuk EURO VI tidak sesuai dengan kondisi kualitas bahan bakar di Indonesia. Volkswagen AG dikatakan tidak menyarankan menjual mobil diesel buat negara-negara yang tidak mencapai EURO VI.

Baca: Akibat “Dieselgate”, Pabrik VW di Indonesia Bisa Batal?

Cara kerja perangkat lunak Volkswagen menipu uji emisi bahan bakar diesel di Amerika Serikat.New York Times Cara kerja perangkat lunak Volkswagen menipu uji emisi bahan bakar diesel di Amerika Serikat.

“Saya bersyukur selama kami menjadi agen tidak membawa masuk diesel (yang bermasalah), khususnya di sedan kami baik Audi dan Volkswagen. Yang kami jual bukan yang bermasalah,” kata Jonas.

GMM pernah menjual mesin diesel pada Volkswagen Caravelle, Volkswagen Touareg, dan Audi Q7. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com