Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Dieselgate" VW Menciptakan Masalah Lanjutan

Kompas.com - 03/04/2017, 10:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Munich, KompasOtomotif – Beberapa konsumen Volkswagen (VW) di Eropa mengklaim bahwa kendaraan mereka mengalami masalah serius setelah perusahaan asal Jerman itu memperbaiki emisi gas buang terkait skandal ”dieselgate”.

Berdasarkan laporan The Guardian, (2/4/2017), sejumlah pemilik VW, Audi, Seat, dan Skoda yang sudah mengirim balik mobil mereka ke diler untuk melewati standar emisi gas buang mesin diesel mengalami sejumlah masalah serius.

Banyak thread mengalir dari HonestJohn, begitu juga dengan Facebook, konsumen komplain bahwa mobil mereka sebelumnya tidak ada masalah. Lalu ada kejanggalan setelah mereka melakukan perawatan rutin di diler resmi.

Ini menimbulkan pertanyaan di kalangan pengguna merek-merek tersebut di Eropa, apakah perlu dan layak mengembalikan mobil mereka untuk diperbaiki kadar emisi gas buangnya? Pertanyaan ini masih menggantung seiring dengan belum adanya kejelasan dari pabrikan.

Salah satu pemilik, James Harrison, mengatakan kepada The Guardian, VW Golf 2010 1.600 cc diesel miliknya sudah melakukan penggantian perangkat keras. Namun, mobilnya kini sering mati mendadak, dan sulit dinyalakan ulang.

Selain itu, ditemukan juga semacam jelaga (abu sisa pembakaran) yang menumpuk pada filter, dan jumlahnnya terus bertambah setiap dia menggunakan mobilnya. Jumlah kotoran ini melebihi kasus yang sama saat melakukan servis rutin.

”Saya menyangkan hal ini dan khawatir berdampak jangka panjang. Jika mobil mengalami masalah itu setiap hari, apa yang terjadi dengan umur katup exhaust gas recirculation (EGR) dan sistem saluran gas buang lainnya? Akan sangat malah memperbaikinya jika memang ada masalah,” kata Harrison.

Berdasarkan posting-an di HonestJohn, Volkswagen AG menyatakan sudah 480.000 mobil diperbaiki, dan sejumlah 3.600-an pengaduan sudah ditindaklanjuti.

Mengembalikan mobil ke diler untuk perbaikan peranti lunak dan keras memang tidak wajib. Namun, para konsumen ini menyatakan bahwa VW sudah melakukan hal tersebut tanpa pemberitahuan kepada pemilik, setiap kali mereka melakukan servis rutin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com