Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rantai Bebek dengan V-Belt Matik, Kapan Harus Diganti?

Kompas.com - 18/01/2018, 10:45 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

Depok, Kompas.com - Rantai motor bebek maupun v-belt motor matik pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Keduanya berfungsi sebagai penghubung antara mesin dan roda belakang.                                                                                                                                                           

Meski demikian, bukan berarti rantai bebek dan v-belt matik memiliki kesamaan terkait masa pergantian. Pada umumnya, pergantian v-belt matik disarankan dilakukan usai menempuh jarak 24.000 sampai 25.000 kilometer. Namun hal ini dianggap tidak berlaku untuk rantai motor.

Baca juga : V-belt Skutik Bisa ?Diirit?, Begini Caranya

Kepala Bengkel Yamaha Amie Jaya Motor Depok, Sutisna menilai pergantian rantai bebek tidak didasarkan pada jarak tempuh tertentu. Tapi lebih ke kondisi sesuai pemakaian. Jadi kalau rantai memang sudah aus disarankan untuk segera diganti. Walaupun dengan jarak tempuh yang minim. Agar rantai lebih awet, Sutisna menyarankan agar pengguna motor bebek rajin melumasi rantai.

"Kalau matik tiap 25.000 ganti belt. Kalau rantai tergantung pemakaian aus atau tidaknya. Tapi kalau rantai rajin diminyakin biasanya akan awet," kata Sutisna saat ditemui, Rabu (17/1/2018).

Salah satu motor bebek Honda yang sedang diservis di salah satu bengkel AHASS di Depok, Rabu (16/1/2018).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu motor bebek Honda yang sedang diservis di salah satu bengkel AHASS di Depok, Rabu (16/1/2018).

                                                                                                                                     
Sementara itu, Syamsuddin, Kepala Mekanik Bengkel AHASS Murni Pura Mas Depok, menilai, cara untuk mengecek sudah harus diganti atau tidaknya rantai bisa dilihat dari kondisi gir. Jika gerigi pada gir sudah terlihat tumpul, maka sudah waktunya bagi pemilik menggantinya.

Gir maupun rantai sendiri biasanya dijual satu set. Untuk proses pemakaian motor yang paling minim, Syamsuddin menyarankan pemilik untuk mengganti rantai setiap 18.000 kilometer.

"Kalau matik di 24.000 baru ganti beltnya. Tapi di bebek lebih cepat. Bisa 18.000 kilometer rantai girnya sudah harus ganti," ucap Syamsuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com