Kompas.com - 20/12/2017, 15:20 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan mobil listrik Ezzy II ketika meresmikan Jalan Tol Surabaya-Mojoketro (Sumo), Selasa (19/12/2017). Mobil tersebut merupakan hasil karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Salah satu tujuan Jokowi menggunakan mobil listrik itu, karena Jokowi ingin mengapresiasi karya hasil riset mahasiwa ITS, sebagai langkah awal yang bagus untuk mengenalkan produk mobil listrik kepada dunia industri.

Mobil listrik yang dipakai Jokowi di Tol Sumo itu merupakan generasi kedua. Secara kualitas lebih baik dibanding model pertama.

Spesifikasi EZZY II berdasarkan data di situs resmi ITS, mampu berlari dengan kecepatan maksimum 180 kpj. Daya jelajah berkat baterai 20 KWh, bisa dibawa jalan sejauh 130 km dalam sekali pengisian baterai.

Baca juga: Jajal Mobil Listrik Anak Bangsa, Jokowi Bilang "Enak"

Selain itu, pendistribusian berat pada Ezzy ITS II juga lebih baik, sehingga saat dikendarai mobil memiliki tingkat kestabilan yang cukup baik serta nyaman.

Presiden Joko Widodo melihat-lihat mobil listrik Ezzy II karya ITS dan yang dijajalnya saat peresmian Tol Surabaya-Mojokerto, Selasa (19/12/2017).Istimewa Presiden Joko Widodo melihat-lihat mobil listrik Ezzy II karya ITS dan yang dijajalnya saat peresmian Tol Surabaya-Mojokerto, Selasa (19/12/2017).
 

Dibanding dengan generasi pertama, jelas EZZY II ini jauh lebih sempurna. Sebagai contoh, kecepatan maksimum untuk EZZY I hanya 50 kpj, sementara daya jelajah hanya 25 km.

Sejumlah mahasiswa ITS ketika merancang mobil listrik ini menggunakan metode penelitian terapan dengan simulasi numerik menggunakan software Solid Work. Nama EZZY itu sendiri memiliki arti mudah mengisyaratkan semagat bahwa membuat mobil listrik itu tidak susah. Proses pengerjaan generasi pertama dimulai pada 2012 dan selesai pada Januari 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.