Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spesifikasi Mobil Listrik Ezzy II yang Dipakai Jokowi

Jakarta, KompasOtomotif - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan mobil listrik Ezzy II ketika meresmikan Jalan Tol Surabaya-Mojoketro (Sumo), Selasa (19/12/2017). Mobil tersebut merupakan hasil karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Salah satu tujuan Jokowi menggunakan mobil listrik itu, karena Jokowi ingin mengapresiasi karya hasil riset mahasiwa ITS, sebagai langkah awal yang bagus untuk mengenalkan produk mobil listrik kepada dunia industri.

Mobil listrik yang dipakai Jokowi di Tol Sumo itu merupakan generasi kedua. Secara kualitas lebih baik dibanding model pertama.

Spesifikasi EZZY II berdasarkan data di situs resmi ITS, mampu berlari dengan kecepatan maksimum 180 kpj. Daya jelajah berkat baterai 20 KWh, bisa dibawa jalan sejauh 130 km dalam sekali pengisian baterai.

Selain itu, pendistribusian berat pada Ezzy ITS II juga lebih baik, sehingga saat dikendarai mobil memiliki tingkat kestabilan yang cukup baik serta nyaman.

Dibanding dengan generasi pertama, jelas EZZY II ini jauh lebih sempurna. Sebagai contoh, kecepatan maksimum untuk EZZY I hanya 50 kpj, sementara daya jelajah hanya 25 km.

Sejumlah mahasiswa ITS ketika merancang mobil listrik ini menggunakan metode penelitian terapan dengan simulasi numerik menggunakan software Solid Work. Nama EZZY itu sendiri memiliki arti mudah mengisyaratkan semagat bahwa membuat mobil listrik itu tidak susah. Proses pengerjaan generasi pertama dimulai pada 2012 dan selesai pada Januari 2013.

https://otomotif.kompas.com/read/2017/12/20/152005715/spesifikasi-mobil-listrik-ezzy-ii-yang-dipakai-jokowi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke