Kompas.com - 19/12/2017, 13:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

 

Jakarta, KompasOtomotif — Honda PCX 150 berpeluang mengejar Yamaha NMAX pada penjualan tahun depan. Sebab, unit dari generasi terbarunya itu dibanderol jauh lebih rendah dari PCX 150 sebelumnya yang sekitar Rp 40 juta.

Selama ini, banyak masyarakat yang sebenarnya ingin memiliki PCX. Namun, karena harganya terlampau tinggi, akhirnya mereka beralih ke produk lain, yakni Yamaha NMAX. Hal ini juga terjadi di pasaran motor bekas, yakni NMAX lebih banyak diminati daripada PCX.

"Banyak konsumen memilih NMAX karena harga. Unit bekasnya saja, PCX tahun 2013 sekitar Rp 30 juta. Sementara NMAX keluaran 2015 harga pasarannya Rp 20 juta-Rp 21 juta. Selisih harganya jauh," kata Andreas, pemilik diler motor bekas "Pelangi Motor" yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmat, Awab Nomor 33 B, Bali Mester, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (15/12/2017).

Baca juga : Selama Ini PCX Hanya Untuk Orang Berduit

Yamaha NMAX dan Honda PCX beradu kenyamanan.Kompas.com-Dino Oktaviano Yamaha NMAX dan Honda PCX beradu kenyamanan.

Beberapa waktu lalu, bersamaan dengan peluncuran produk generasi terbarunya, Honda membanderol PCX terbaru dengan harga Rp 27 juta untuk varian CBS (Combi Brake System) dan Rp 32 juta buat varian ABS (Anti-lock Braking System). Adapun Yamaha membanderol NMAX ABS Rp 30,2 juta dan Rp 26,3 juta untuk non-ABS.

Berdasarkan harga tersebut, menurut Andreas, sangat mungkin jika nantinya PCX mengunguli NMAX. Sebab, selisih harga kedua produk tersebut cukup kecil, apalagi nama Honda lebih akrab dengan masyarakat.

Baca juga: Generasi Baru PCX 150 Bukan Kudeta NMAX

"Kalau masyarakat ini, kan, melihat harga kalau mau beli motor. Honda juga sudah terkenal dengan kualitasnya. Kalau selisihnya sedikit, Rp 2 jutaan, ini bisa jadi habislah (kalah penjualan) NMAX," kata Andreas.

Sementara itu, pendiri Yamaha Nmax Club Indonesia (YNCI), Erwin Yulizar, menilai bahwa PCX memiliki sedikit kelebihan daripada NMAX sebelumnya, khususnya soal kenymanan berkendara. Sebab, menurut Erwin, shockbreaker PCX lebih empuk, sayangnya harga PCX jauh lebih tinggi daripada NMAX.

"Sebenarnya hampir sama, tapi suspensinya menang PCX. Kalau harganya sama, mungkin hampir sama peminatnya. Perbandingannya 11-12-lah," kata Erwin, yang kini menjabat Pembina YNCI Chapter Bandung, Jawa Barat, tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.