Laporan Langsung dari Tokyo Motor Show 2017, Jepang

Daihatsu Pasang Teknologi Anti-Tabrakan Terbaru

Kompas.com - 29/10/2017, 10:24 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

 

Shiga, KompasOtomotif – Setelah perang efisiensi bahan bakar di jajaran mobil kei car, industri otomotif Jepang bergerak ke arah isu tekologi keamanan dan keselamatan. Ini yang kemudian coba dikejar oleh Daihatsu, dengan menyematkan teknologi Smart Assist III.

Sebagai latar belakang, dari data 2015 masih banyak kecelakaan yang terjadi di Jepang, atau mencapai 1,471 juta kasus, yang semuanya disebabkan kelalaian manusia. Kecelakannya didominasi tabrakan dari belakang, dengan rata-rata kecepatan 30 kpj.

Bukan hanya soal teknologinya, merek yang diakuisisi Toyota ini juga berusaha tak membebankan harga mahal kepada konsumen. Salah satu model yang disematkan fitur canggih ini yaitu Daihatsu Tanto.

“Kompetisinya kini yaitu soal keamanan dan keselamatan berkendara, serta jadi kebutuhan masyarakat Jepang. Untuk itu Daihatsu mempersiapkan teknologi tersebut melalui fitur Smart Assist III, yang juga diciptakan dengan harga terjangkau,” ujar Ichiro Otaki Brand GM Daihatsu Motor Company (DMC) di pabrik Daihatsu, Shiga, Jumat (27/10/2017).

Baca juga : Resep Daihatsu Racik Mobil Irit di Jepang

Kuncinbya ada di kamera kecil yang disematkan di tengah kaca depan bagian atas.Istimewa Kuncinbya ada di kamera kecil yang disematkan di tengah kaca depan bagian atas.

Otaki menambahkan, teknologi Smart Assist sudah diperkenalkan sejak  2012, mulai dari generasi pertama, dengan teknologi infra merah. Kemudian yang kedua pada 2015, mengombinasi infra merah bersama dengan tambahan kamera.

“Lalu berselang satu tahun atau di 2016, lahirlah generasi ketiga Smart Assist, yang menggunakan kamera compact terkecil di dunia. Berfungsi untuk mencegah tabrakan mobil di depannya maupun pedestrian,” ucap Otaki.

Baca Juga: Ini Tanggal Peluncuran Rush-Terios Generasi Terbaru

Beberapa manfaat Smart Assist III Daihatsu, kata Otaki, bisa menghentkan laju kendaraan secara mendadak, ketika ingin menabrak kendaraan lain atau pedestrian (crash-avoidance braking function). Kemudian membantu pengereman saat akan berhenti mendadak (brake assist for damage reduction)

Lalu yang ketiga, punya fungsi memberikan peringatan kepada pengemudi ketika akan menabrak objek (collision warnig function). Ada juga manfaat lainnya, seperti memberitahu kalau kendaraan di depan sudah berjalan, lane departure warning dan auto high beam.

Smart Assist juga bisa membantu pengendara memberikan peringatan, saat kendaraan keluar atau jalur, dan ketika jarak mobil terlalu dekat. Lebih dari itu, bisa mengatur pencahaan lampu utama mobil secara otomatis, sehingga tidak menyilaukan pengendara lain yang berlawanan arah,” tutur Otaki.

Daihatsu Smart Assist III.Istimewa Daihatsu Smart Assist III.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.