Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Tokyo Motor Show 2017, Jepang

Honda Mau Rakit PCX Terbaru di Indonesia

Kompas.com - 26/10/2017, 11:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Generasi terbaru Honda PCX resmi dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2017. Skutik premium itu hadir dengan dua pilihan, yaitu dengan tenaga listrik (electric) dan hybrid.

Khusus pasar domestik Jepang, Honda baru meluncurkan PCX model teranyar itu tahun depan. Menariknya buat Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) berencana untuk merakit lokal skutik premium itu di Tanah Air.

Honda PCX HybridAditya Maulana - KompasOtomotif Honda PCX Hybrid

"Kami berencana memproduksi skutik premium ini. Moderlnya kurang lebih akan sama seperti yang ini," ucap Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya di Tokyo Big Sight, Rabu (25/10/2017).

Thomas menjelaskan, paling penting untuk tipe dan fiturnya akan disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter konsumen di Indonesia. Namun, dia belum bisa membocorkan kapan mulai diproduksi massal dan dijual.

Baca juga: Ini Dia Honda PCX Generasi Terbaru, Penantang Serius NMAX

"Kita tunggu saja, di sini (Jepang) saja belum. Pastinya kita akan produksi di Indonesia," ucap Thomas.

Honda PCX Listrik              Aditya Maulana - KompasOtomotif Honda PCX Listrik

PCX yang bakal dirakit lokal ini sepertinya untuk pilihan jantung pacu, sama seperti yang ditawarkan di Jepang. Menurut Thomas, sekarang ini sudah masuk tahap studi akhir.

"Kita butuh waktu dua tahun untuk melakukan studi suatu produk. Untuk yang ini sudah mendekati final, kita inginnya cepat dijual, tetapi balik lagi kita harus sesuaikan lagi dengan kondisi di Indonesia," ujar dia.

PCX yang kini dijual di Indonesia dibekali mesin bensin dan diimpor utuh (completely built-up/CBU) Vietnam. "Jika kita sudah produksi lokal, maka yang impor kita akan stop," kata Thomas.

Simak video Honda PCX di bawah ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com