Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Honda PCX, Sebentar Lagi

Kompas.com - 29/08/2017, 07:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bukittinggi, KompasOtomotif – Buat penggemar Honda, khususnya yang bermimpi beli maxi scooter, silakan berharap lebih banyak. PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan sudah sangat dekat dengan produksi lokal PCX yang selama ini ditunggu-tunggu.

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM, memberi sinyal bahwa studi untuk ”melokalisasi” PCX sudah dalam tahap final. ”Mudah-mudahan nanti, ditunggu saja kabarnya. Deket banget,” ujarnya, di sela touring Honda Bikers Day lokal di Bukittinggi, Sumatera Barat, (26/8/2017).

Kendati demikian, Thomas enggan mengiyakan bahwa proses itu akan mulai dilakukan tahun ini. Namun dirinya mengakui bahwa pasar yang berkembang memang ada di segmen yang dihuni PCX. Di sana sudah ada Yamaha NMAX yang melesat jauh dengan jualannya yang laris manis.

Sejak ada NMAX yang diproduksi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Honda dengan PCX seolah meredup. Wajar, karena secara harga, dua produk di satu segmen ini jauh berbeda. PCX yang didatangkan langsung dari Thailand sudah lebih dari Rp 40 juta, sedangkan NMAX paling mahal di Rp 30 jutaan.

Baca juga: PCX ?Digebuki? NMAX, Honda Masih Sibuk Studi

Forza
AHM akan tetap menomorsatukan PCX untuk diproduksi lokal ketimbang membawa model baru, dalam hal ini Forza. Menurut Thomas, Forza tak mungkin untuk datang menggantikan PCX, atau sekadar mendampingi untuk diproduksi lokal. Itu semua karena brand image.

”Memang ada yang 125 cc. Tapi secara global, Forza itu image-nya high end atau premium matik. Brand global mesti kita jaga,” kata Thomas.

So, kita tinggal menunggu waktu datangnya PCX yang lebih murah. Rumor yang beredar tetap akan dikenalkan akhir tahun ini, atau setidaknya awal tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com