Ide Gila, Balapan Nissan GT-R Pakai Stick PlayStation

Kompas.com - 18/10/2017, 09:42 WIB
Pebalap Nismo Jann Madenborough mencoba GT-R /C di Ssirkuit Silverstone NissanPebalap Nismo Jann Madenborough mencoba GT-R /C di Ssirkuit Silverstone
|
EditorAzwar Ferdian

London, KompasOtomotif - Bagi sebagian orang, memiliki mobil berpengendali jarak jauh atau remote control (RC), hanya sebatas ukuran kecil saja. Tapi bagaimana bila mobil RC yang dikendalikan seukuran mobil asli?

Nissan baru saja menciptakan ide gila dengan menghadirkan mobil sport Nissan GT-R /C yang mampu dikendalikan jarak jauh dengan stik video game Playstation 4. Ini dilakukan dalam rangka peluncuran game simulasi balap terkenal Gran Turismo SPort di Eropa pada 18 Oktober nanti.

Mobil ini juga diciptakan sebagai penanda 20 tahun keikut sertaan Nissan dalam seri permainan balap mobil yang digemari banyak orang tersebut. Nissan GT-R mendapat modifikasi besar untuk dapat dikendalikan secara penuh dari stik DualShock®4.

Mobil ini langsung dites oleh pebalap Nismo, Jan Mardenborough di sirkuit Silverstone. Jan adalah salah satu pemenang Nissan GT Academy, program yang mencari dan mengembangkan para gamers menjadi pembalap sungguhan. Jann adalah pembalap pertama yang diusulkan untuk mengendarai GT-R / C karena bakatnya di Gran Turismo dan balapan sesungguhnya.

Baca : Aksi Slalom Nissan GT-R Melukis Lanskap India

GT-R /C dimodifikasi di Inggris oleh JLB Design Ltd., menggunakan mesin spek R35 dengan tenaga 542 hp V62011. Pada putaran tercepat yang dicatat Mardenborough (1:17:47), kecepatan rata-rata GT-R / C mencapai 122 kpj dan kecepatan tertinggi di 211 kpj. Sementara, kecepatan rata-rata pada sirkuit sepanjang 2,6 km ini adalah sekitar 134 kpj.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini merupakan mobil yang hebat dan menjadi pengalaman pertama seumur hidup. GT-R / C telah meleburkan dua dunia saya - virtual game dan dunia balap - dengan cara yang tidak terduga. Kemudi, akselerasi dan pengereman dikonfigurasi dengan baik dan memberikan kendali yang luar biasa sehingga saya dapat merasakannya saat melalui tikungan maupun lintasan lurus. Inilah bukti ‘Innovation that Excites’ dari Nissan!," ucap Jann Mardenborough.

Mobil dilengkapi dengan empat robot yang mengendalikan kemudi, transmisi, rem dan tuas gas. Enam komputer dipasang untuk memperbaharui kendali hingga 100 kali per detik. Posisi kemudi juga diukur menjadi 1/65.000 posisi.

Kendali stik tanpa modifikasi terhubung dengan mikro komputer yang menerjemahkan sinyal dari tombol dan joystick untuk diteruskan ke sistem on-board GT-R / C. Operasi nirkabel ini memiliki jangkauan kendali utama hingga satu kilometer.

Baca : Mencoba Performa Nissan GT-R 2017 hingga 230 Kpj

GT-R / C juga dilengkapi dengan dua sistem keselamatan independen yang beroperasi pada frekuensi radio yang berbeda. Hal ini memungkinkan adanya dua operator tambahan melakukan pengereman ABS penuh dan mematikan mesin jika operator utama kehilangan kendali.

"GT-R / C telah menghadirkan beragam tantangan unik dan sejumlah pengalaman rekayasa pertama bagi kami. Kami harus memastikan pengoperasian robotik yang efektif selama akselerasi serta perlambatan, dan juga kekuatan dalam tikungan yang tajam, memberikan kendali yang nyata dan mengamankan mobil dalam segala kecepatan, menjaga hubungan yang kuat antara mobil dan DualShock®4 dengan jarak yang bervariasi dan dengan keadaan minimal pada waktu robot beraksi," ucap James Brighto dari JLB Design Ltd.

Pada 2018, Nissan GT-R / C akan dibawa tur ke sekolah-sekolah dasar dan menengah di Inggris untuk mempromosikan karir masa depan di bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Teknik dan Matematika.

 

Pebalap Nismo Jann Madenborough mencoba GT-R /C di Ssirkuit SilverstoneNissan Pebalap Nismo Jann Madenborough mencoba GT-R /C di Ssirkuit Silverstone



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.