Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan dari Sirkuit Silverstone, Northampton, Inggris

Mencoba Performa Nissan GT-R 2017 hingga 230 Kpj

Kompas.com - 31/10/2016, 09:11 WIB
Northampton, KompasOtomotif - Nissan GT-R terbaru (2017) punya beragam ubahan desain. Diklaim desain sedan kupe dengan julukan Godzilla ini terlihat lebih sporty dan kental aura balap.
 
 
Bagi pencinta kecepatan, tampilan sangar belum lengkap jika tidak dibarengi dengan peningkatan daya pacu. Kendati mesin tak berubah namun penyempurnaan telah dilakukan hingga meningkatkan tenaga dari 545 tk menjadi 565 tk.
 
Selain meningkatkan daya, setelan ECU juga menyentuh penyempurnaan sektor transmisi. Dijelaskan, respon terhadap bukaan gas serta perpindahan gigi jadi faktor utama ubahan setelan "otak" GT-R 2017.
 
Halus
 
Untuk membuktikan klaim tersebut, KompasOtomotif diberi kesempatan memacu Godzilla di trek kecil Sirkuit Silverstone berjarak 2,6 km sebanyak 5 lap, Selasa (25/10/2016). Saat hendak keluar dari pit instruktur menjelaskan sedikit tentang ubahan yang bisa dirasakan saat tes.
 
Salah satunya adalah perpindahan gigi yang halus saat mobil jalan pelan. Ternyata benar saja, saat berpindah dari 1 ke 2 terasa lebih halus dan minim entakan. Tambahan informasi, panitia memberikan kesempatan untuk mencoba versi sebelumnya untuk mengetahui perbedaan.
kompas.com - Aris Harvenda Nissan GT-R 2014 yang digunakan sebagai pembanding
 
Maksimum
 
Ketika masuk trek, pedal gas langsung dibejek untuk berakselerasi. Jika melihat spesifikasi, waktu tempuh saat akselerasi 0 - 100 kpj tidak jauh berbeda dengan pendahulunya yakni 2,8 detik. Lalu, dimana letak kelebihan dari beda tenaga kuda yang menjadi kelebihan GT-R 2017?
 
Ternyata beda tenaga tersebut sangat terasa diputaran atas. Jika pada model sebelumnya - di lokasi sama (trek lurus +/- 900 meter) - kecepatan maksimum bisa mencapai 220 kpj saat mencapai titik pengereman. Sementara model 2017 mampu tembus 230 kpj. Kecepatan maksimal tersebut selalu sama dalam 4 lap pengujian.
kompas.com - Aris Harvenda Desain belakang Nissan GT-R 2017 lebih bernuansa balap
 
Memang bukan kecepatan maksimum yang sebenarnya karena awak redaksi pernah mencoba model 2014 hingga 260 kpj di Sirkuit Sugo, Sendai, Jepang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com