Yamaha Anti Sepeda Motor Sport Murah

Kompas.com - 20/09/2017, 07:23 WIB
Yamaha MT-25 dengan pilihan warna baru YimmYamaha MT-25 dengan pilihan warna baru
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha menegaskan kembali bahwa sepeda motor sport murah tidak bakal ada dalam kamus perjalanan mereka di Indonesia. Meski Byson sebagai model sport termurah Yamaha dan kini sedang terseok, tidak akan punya ”adik” yang secara langsung bersaing dengan Honda Verza.

M Abidin, GM Aftersales and Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Selasa (19/9/2017), kepada KompasOtomotif, mengatakan, bahwa pihaknya tak tertarik main di kelas entry level, karena tidak akan berkembang.

”Kami lebih memilih middle class (di segmen sport). Jualannya tidak begitu banyak, tapi profit mantap. Daripada main-main ke bawah, nanti jadi repot. Harus ada diferensiasi (dengan merek lain),” ujar Abidin via sambungan telepon.

Segmen entry level buat Yamaha cukup dimainkan oleh jajaran skutik dan cub (bebek). Paling penting, lanjut Abidin, demand dan supply masih besar demand di segmen skutik, terutama maxi scooter.

Baca: Byson Terkapar, Ini Argumentasi Yamaha

Kesulitan Yamaha, menurut Abidin, ketika bermain di segmen sport kelas bawah, adalah jaringan penjualan fleet yang tak sebanyak tetangga, alias Honda.

Di kelas ini memang banyak pembelian borongan alias fleet, mengingat harga yang terjangkau. ”Jaringan instansi nggak sekuat beliau-beliau (kompetitor). Kami tahu diri dan sudah berhitung,” ujar Abidin.

Sepeda motor sport termurah Yamaha saat ini dihuni oleh Byson dengan banderol Rp 22 jutaan. Itu pun sebenarnya masih jauh lebih mahal ketimbang versi yang benar-benar murah milik Honda, yakni Verza 150 yang dipatok Rp Rp 18,8 dan RP 19,6 jutaan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X