Kompas.com - 15/09/2017, 07:42 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Yamaha XMAX 125 cc siap meluncur di Eropa pada Oktober 2017. Meski secara kapasitas mesin lebih kecil, tapi desain dan "tongkrongan" dibuat senada dengan model 250 cc yang dipasarkan di Tanah Air.

Namun jangan berharap sepeda motor skutik ini akan dipasarkan di Indonesia, karena secara spesifikasi, XMAX 125 dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pasar Eropa.

"Soal kenapa mesin lebih kecil karena regulasi, jadi dibuat untuk ditawarkan ke masyarakat Eropa yang memiliki surat izin mengemudi (SIM) A1. Di Eropa itu regulasi SIM didasari dari silinder mesin," kata M Abidin, General Manager After Sales & Public Relation Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YMMI), saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (14/9/2017).

Menurut Abidin, XMAX 125 memang dibuat dan diproduksi khusus pasar Eropa. Meski demikian, desain yang digunakan tetap mengacu pada model keluarga XMAX lain, seperti model 300 dan 400 agar tetap terlihat khas.

Baca : Yamaha XMAX 125 Siap Meluncur Bulan Depan

Yamaha XMAX 125 CC Yamaha XMAX 125 CC

"Kalau dibawa ke Indonesia, jelas tidak masuk, karena beda dan bakal banyak penyesuaian. Kita (Yamaha Indonesia) lebih memberikan pilihan pada kapasitas besar saja, karena memang konsumennya ada di sana," ujar Abidin.

Yamaha XMAX 125 dibekali mesin satu silinder 124 cc SOHC dengan standar emisi Euro IV yang memiliki tenaga 15 tk dan torsi 12 Nm. Skutik ini ditawarkan dengan ragam fitur modern seperti yang dimiliki keluarga XMAX lain.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.