Setelah SPK Xpander, Ini Kekhawatiran Konsumen

Kompas.com - 21/08/2017, 18:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Mitsubishi Xpander benar-benar menjadi pusat perhatian saat ini. Ribuan orang tercatat sudah memesan small MPV pesaing Avanza Cs tersebut. Data terakhir, 10 hari GIIAS 2017, surat pemesaan kendaraan (SPK) yang masuk mencapai 5.281 unit. Lalu selanjutnya apa?

Tentu saja, para pemesan harus sabar menunggu. Pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah pernah memberi pernyataan bahwa pengiriman perdana akan dilakukan Oktober 2017, alias dua bulan lagi. Itu pun paling cepat.

Baca: Mitsubishi Xpander Terpesan 5.281 Unit Selama Pameran

Menurut salah satu tenaga penjual yang ditemui KompasOtomotif di GIIAS 2017, prioritas pengiriman adalah para pemesan yang punya SPK di GIIAS 2017. Tapi, soal waktu, sang tenaga penjual ternyata pasrah dan tak bisa banyak berjanji.

”Pengiriman memang awal Oktober. Tapi antreannya sudah banyak, bisa sampai akhir tahun (baru dapat mobilnya),” ujar tenaga penjual Mitsubishi kepada KompasOtomotif, Sabtu (19/8/2017), di ICE, BSD City, Tangerang.

Bahkan sang tenaga penjual tak mau menjanjikan unit datang Oktober atau November. Dia meminta waktu aman, Xpander dikirim Desember jika melakukan SPK saat itu. Bisa tahun depan? Sang tenaga penjual memastikan tidak akan terjadi.

Baca: Xpander Datang, Avanza Positif, Xenia-Ertiga Stabil, Mobilio Ambles

Hitung Kasar
Tapi, mari kita hitung kasar. MMKSI punya kapasitas memproduksi Xpander 80.000 unit satu tahun, 60.000 unit di antaranya untuk pasar domestik. Jika dibagi 12 (bulan), berarti kemampuan produksi pabrik di Bekasi adalah 5.000 unit dalam satu bulan untuk konsumen dalam negeri.

Masalahnya, MMKSI pernah berujar bahwa produksi akan dilakukan bertahap, alias belum menggunakan kapasitas secara penuh. Taruhlah kemampuan produksi maksimal 3.000-4.000 unit sebulan, bandingkan dengan jumlah pemesanan yang terus bergulir bak bola es.

Patokan awal, jumlah SPK di GIIAS 2017 adalah 5.281 unit. Ingat, jumlah ini belum ditambah dengan pesanan se-Indonesia. Itu hanya untuk bulan ini! Hari berganti, pemesanan dipastikan terus bertambah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.