Kesalahan Berbuah Kemenangan buat Marquez di GP Ceko

Kompas.com - 07/08/2017, 08:01 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Brno, KompasOtomotif – Pebalap Honda Marc Marquez, berhasil menjadi yang tedrepan di GP Ceko, Minggu (6/8/2017). Dirinya mengakui, kalau keputusan salahnya ketika memilih ban belakang, menjadi kunci kemenangan dominannya di sirkuit Brno.

Saat balapan dimulai dalam kondisi lembab, Marquez, yang berada di posisi paling depan menjadi satu-satunya pebalap delapan besar, yang memilih ban belakang basah lembut (soft), sementara sisanya memilih medium.

Berjalan beberapa menit sejak start dimulai, Marquez mendapat masalah serius, di mana dirinya merosot ke posisi 10 pada akhir lap kedua, yang kemudian memutuskan langsung masuk ke pit untuk mengganti motor kedua, yang sudah dilengkapi dengan ban slick.

Langkah tersebut seketika itu membuat Marquez langsung melaju cepat, seiring cepat keringnya lintasan balap saat mulai kembali lagi ke trek. Lebih lagi, ketika para pebalap di baris depan mulai masuk pit, Marquez melenggang dengan keunggulan sekitar 20 detik.

“Itu hampir mirip seperti saat flag-to-flag di GP Jerman 2016 lalu. Saya banyak berjuang dengan ban depan karena saya memilih opsi ban soft, saya berjuang dan saya masuk lebih awal,” tutur Marquez mengutip Motorsport, Minggu (6/8/2017).

“Hari ini setidaknya sama, saya memilih ban soft untuk belakang. Dari semua pebalap teratas saya satu-satunya yang melakukan itu. Saya tidak tahu mengapa, saya ingin mengambil risiko. Namun, saat saya keluar, saya sadar itu salah. Sehingga ini menciptakan situasi yang menguntungkan untuk masuk ke pit sangat-sangat awal,” ucap Marquez.

Pujian Bos Tim Honda

Livio Suppo, Bos tim Honda MotoGP melontarkan pujian atas keputusan Marquez untuk mengalah lebih awal.  "Kami tahu dalam kondisi seperti ini dia sangat kuat, jadi dia biasa membuat pilihan yang tepat," tutur Suppo.

Suppo menampik, kalau Marquez memperlambat motornya dengan sengaja, untuk membuat rival utamanya melihat dia memasuki pit. Marquez disebut benar-benar terganggu, dengan ban belakangnya yang “salah pilih”.

"Ban belakangnya berputar terlalu banyak, terlalu lunak (soft) dan saya kehilangan banyak posisi. Jadi masuk ke pit lebih awal adalah satu-satunya kesempatan untuk memperbaiki kondisi, ketika keluar dengan ban slick, trek masih masih sangat basah,” ujar Marquez. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.