Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volkswagen Kenalkan Mesin Baru Lebih Irit

Kompas.com - 05/06/2017, 16:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Wolfsburg, KompasOtomotif – Merek mobil terlaris dunia, Volkswagen, memperkenalkan mesin anyar hasil pengembangannya, untuk menyasar konsumen protensial baru yang lebih memilih efisiensi bahan bakar lebih baik, dibanding soal tenaga yang kencang.

Jurus tersebut, di mana menggunakan satu mesin untuk beberapa model, sudah digunakan banyak merek untuk mencapai skala ekonomi yang ujungnya mengefisiensi pengeluaran. Platfom baru ini menggunakan mesin bensin EA888 2.0L yang ada, dan disetel ulang sehingga bisa hemat bahan bakar sampai 8 persen lebih baik.

Model-model seperti Tiguan, dan versi terbaru dari Passat dan Beetle, akan ditawarkan dengan varian mesin baru ini, yang diberi nama B-cycle. Pihak VW mengatakan, mereka memodifikasi mesin ini dengan intake valve timing yang lebih pendek, exhaust valve timing lebih panjang dan kompresi yang tinggi.

Itu akan memungkinkan mesin 2.0L bisa menawarkan tenaga seperti engine berukuran 1.8L, tapi dengan kemampuan ekonomi bahan bakar mesin 1.4L atau 1.5L inline-four. Pada Tiguan model 2018, mesin ini menghasilkan tenaga 184 tk dan torsi 210 pound-feet.

Sementara generasi ketiga EA888 2.0L atau yang saat ini ada, masih digunakan pada model mobil bertenaga VW, seperti salah satunya GTI sporty. Model ini memiliki tenaga hingga 220 tk, dan akan terus dipasarkan seiring kebutuhan pasar.

Mungkin akan butuh beberapa waktu untuk meyakinkan pelanggan, kalau dua mesin dengan ukuran yang sama ini, memiliki dinamika operasi dan penghematan bahan bakar yang sangat berbeda.

“Jadi pada akhirnya, kami akan menawarkan kedua mesin ini secara paralel, dan disesuaikan dengan kelas kekuatan yang berbeda. Memiliki dua mesin ini, yang sebagian dari perangkat kerasnya sama, membuat kami memiliki banyak skala," ujar Marcel Zirwes, Product Manager VW Powertrain mengutip Autonews, Senin (5/6/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com