Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Swift Sport "Diet" Hingga 175 Kg

Kompas.com - 05/04/2017, 07:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber Carscoops

London, KompasOtomotif - Menyusul model regulernya, Suzuki Swift Sport dikabarkan juga siap meluncur tak lama lagi. Meski secara desain tidak berbeda jauh, namun kali ini bobotnya diklaim lebih ringan dibandingkan Swift Sport sebelumnya.

Penurunan berat badan hatchback paling bertenaga dari Suzuki ini cukup drastis. Dilansir dari Carscoops, bila model sebelumnya memiliki berat 1.045 kg, pada model baru berhasil dipangkas menjadi 870 kg, artinya 175 kg lebih ringan.

Meski belum ada keterangan detail mengenai faktor apa yang membuat Swift Sport bisa lebih ringan, namun penurunan tersebut menjadi upaya Suzuki untuk menghadirkan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan.

Bukan hanya masalah bobot saja, secara performa juga ikut ditingkatkan. Model baru Swift Sport akan mengaplikasi mesin 1.400 cc BoosterJet milik Vitara S. Mesin ini mampu mengantarkan tenaga hingga 138 tk dengan torsi sebesar 220 Nm, lebih besar dibandingkan mesin 1.600 cc sebelumnya.

carscoops.com Suzuki Swift Sport

Dengan mesin tersebut, membuat Swift Sport dipercaya lebih responsif. Bila pada Vitara S mampu berakselerasi dari titik nol hingga 100 kpj dalam waktu 10,2 detik, maka dengan bobot yang lebih ringan, Swift Sport diperkirakan bisa menembus waktu hingga sembilan detik.

Sayangnya, hatchback ini sudah tidak dipasarkan lagi di Tanah Air karena segmennya yang sangat sempit. Suzuki Indomobil Sales (SIS) sendiri sudah menghentikan penjualan Swift sejak 2016 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com