Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemasaran Swift Sport Andalkan Mulut ke Mulut

Kompas.com - 21/09/2014, 14:18 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Fokus Suzuki Indomobil Sales (SIS) R4 untuk Swift Sport memang bukan mengejar volume penjualan tapi sebagai “penghangat” citra Suzuki di Tanah Air. Pemasaran varian Swift paling “panas” ini pun sebenarnya tak gencar dilakukan, informasi yang beredar bergerak dari mulut ke mulut.

“Pembeli Swift Sport memang hanya kalangan tertentu, mereka yang menghendaki mobil peforma. Pemasarannya lebih mengarah dari mulut ke mulut, beredar begitu saja di antara mereka,” ujar Kepala Penjualan Nasional SIS R4 Gunardi Prakosa, selepas peluncuran APV New Luxury di stan Suzuki, Sabtu (20/9/2014).

Menurut data wholesales Gaikindo, ada 81 unit Swift Sport yang terjual di pasaran sepanjang Januari – Agustus 2014. Berarti setidaknya ada 10 unit laku setiap bulan. Gunardi menjelaskan, Swift Sport yang dibekali mesin M16A bertenaga maksimum 136 tk dan torsi 160 Nm ini masih akan terus dijual sebab masih punya potensi.

Stok
Berbeda dengan Swift yang diimpor (CBU) dari Thailand, khusus varian Sport dkirim langsung dari Jepang. Endang Johari, CBU Product Development Group SIS R4 mengungkapkan, awal September stok telah bertambah belasan unit, semuanya ditampung di fasilitas Suzuki di Cakung, Jakarta Timur.

“Baru saja datang (impor), ga jauh bedanya sama model lain. Tidak ada pengurangan spek untuk Indonesia, semua unit Swift Sport yang dikirim ke sini spek Asia, beda dengan Eropa,” jelas Endang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com