Avanza Masih Raja ”Mobil Sejuta Umat”

Kompas.com - 30/01/2017, 10:33 WIB
Toyota Grand New Avanza. Toyota Astra Motor (TAM)Toyota Grand New Avanza.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – ”Dihajar kanan-kiri” dengan sejumlah produk dari merek lain sejak beberapa tahun terakhir, Avanza bergeming. Produk andalan Toyota itu tidak goyah, masih menguasai penjualan mobil segmen low Multi Purpose Vehicle (LMPV) di Indonesia.

Diolah dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2016 terjual (wholesales) 122.654 unit. Jumlah itu berarti menguasai 49 persen atau hampir separuh pasar LMPV yang finish tahun lalu di angka 249.931 unit.

Avanza masih stabil di angka 8.000-12.000 unit sebulan. Titik terendah penjualan tahun lalu terjadi pada Juli yang berada di kisaran 6.100 unit. Sementara tertinggi, diraih pada Mei 2016 dengan penjualan 13.400-an unit.

Lalu, siapa yang melengkapi di posisi podium? Di posisi kedua ada saudara kembarnya, Daihatsu Xenia. Duet pelopor LMPV ini ternyata masih kuat. Dalam setahun, Xenia terjual 44.720 unit atau meraih kue market share 18 persen.

Menyusul di bawahnya ada Honda Mobilio yang terjual 39.482 dalam setahun. Angka itu membawa Honda menguasai 16 persen segmen LMPV. Melengkapi empat besar, ada Suzuki Ertiga yang terjual 32.119 unit atau masih bertahan dengan penguasaan 13 persen.

Selebihnya, disumbang oleh LMPV model boxy macam Suzuki APV, Nissan Evalia, hingga Daihatsu Luxio. Muncul satu nama lagi yang saat ini sudah tidak eksis, yakni Mazda VX-1 atau kembaran Suzuki Ertiga. Model-model ini tidak begitu difavoritkan konsumen, terbukti market share mentok di angka 2 persen (APV dan Luxio).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X