Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar MPV "Sejuta Umat" Nissan Menguat

Kompas.com - 13/12/2016, 08:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sinyal positif versi produksi XM Concept bukan hanya jadi model Mitsubishi tetapi juga Nissan muncul lagi. Kali ini menurut penuturan sumber berpangkat tinggi dari Nissan Motor Company di Jepang seperti diutarakan Bangkok Post, Senin (12/12/2016).

Menurut sumber itu, model pertama setelah Nissan sah memiliki 34 persen saham Mitsubishi adalah MPV bergaya crossover dari XM Concept.

Debut XM Concept sudah dilakukan di Gaikindo Indonesia International Auto Show pada Agustus lalu. Prototipe ini dikembangkan khusus dan diproduksi eksklusif di pabrik Mitsubishi di Bekasi, Jawa Barat. Rencananya produksi massal dilakukan pada tahun depan.

Setyo Adi/Otomania Bagian buritan terasa tanggung dengan aksen berbentuk "x".
Walau spesial buat Indonesia yang memiliki pasar terbesar MPV 7-penumpang, wujud produksi XM Concept juga ditujukan buat negara lain di Asia Tenggara. XM Concept sudah diperkenalkan di pameran otomotif di Thailand pada bulan lalu.

Mitsubishi yang akan memperkenalkan pertama kali model produksi XM Concept. Namun diterangkan sumber jadwal peluncuran buat Nissan dilakukan tidak terlalu jauh.

Produk kolaborasi

Mitsubishi dan Nissan bakal berbagi platform dan teknologi buat produk masa depan. Kolaborasi ini dikatakan dimulai pada tahun fiskal 2017/2018.

Bukan cuma MPV 7-penumpang, kedua merek juga bakal mengolaborasikan generasi baru model pikap, Mitsubishi Triton dan Nissan Navara. Kemungkinan lain, Nissan juga mendapatkan SUV berbasis pikap dari Pajero Sport.

Pengembangan teknologi juga melibatkan area baterai listrik kendaraan. Kedua merek selama ini sudah mengembangkan teknologi masing-masing, bekerja sama bisa mengurangi biaya riset dan pengembangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com